Pelatihan Pembuatan Sirup Air Kelapa Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Kelompok Wanita Tani di Desa Lendang Nangka

Penulis

Idiatul Fitri Danasari , Rina Heldiyanti , Siska Ita Selvia , Ni Made Wirastika Sari

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2201

Diterbitkan:

2022-12-09

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Kelompok Wanita Tani; Lendang Nangka, Pendapatan; Sirup Air Kelapa.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Danasari, I. F. ., Heldiyanti, R. ., Selvia, S. I. ., & Sari, N. M. W. (2022). Pelatihan Pembuatan Sirup Air Kelapa Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Kelompok Wanita Tani di Desa Lendang Nangka . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 282–286. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2201

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan air kelapa sisa bahan baku pembuatan minyak kelapa tradisional untuk diolah menjadi sirup air kelapa sehingga memberikan nilai tambah air kelapa dan meningkatkan keuntungan serta pendapatan masyarakat desa. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat desa khususnya anggota KWT Al Ummahat di Dusun Jejelok Punik, Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur yang mana diketahui memproduksi minyak kelapa tradisional. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 November 2022. Tahapan kegiatan ini diawali dengan survei, demonstrasi proses pembuatan dan sterilisasi kemasan sirup air kelapa, pelatihan pembuatan sirup air kelapa, pengemasan produk, dan evaluasi. Luaran kegiatan ini berupa produk sirup air kelapa yang telah dikemas, dilabel, dan siap untuk dipasarkan atau dikonsumsi. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat desa khususnya kelompok wanita tani (KWT) mengenai  pentingnya diversifikasi produk untuk meningkatkan nilai tambah produk dan pendapatan serta keuntungan.

Referensi

Matoasi dan Usman. 2020. Pelatihan Pengolahan Kelapa Menjadi Minyak Murni (VCO) Untuk Meningkatkan Penghasilan Masyarakat di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat). Vol. 9 (2) hal. 111-119.

Maya, S., Harmon. Mukaram. Sarah, IS., Tiorida E., Gaffar, MR., Mulyawan, I. 2021. Delivery Food Packaging: The Importance of Material, Design, and Product Information. Journal of Applied Business Administration (JABA). Vol 5 (1) hal. 95.104

Pratama, SB., Wijana, S., Febriyanto, A. 2012. Studi Pembuatan Sirup Tamarillo (Kajian Perbandingan Buah dan Konsentrasi Gula). Jurnal Industria. Volume 1 No 3, hal 181-194.

Pratiwi, FM., Sutara, PK. 2013. Etnobotani Kelapa (Cocos nucifera L.) di Wilayah Denpasar dan Badung. Jurnal Simbiosis, volume I (2) hal. 102-111.

Wyrwa, J., dan Barska, A. 2017. Packaging as asource of Information About Food Products. Procediaa Engineering: 7th International Conference on Engineering, Project, and Production Management. Vol 182 hal. 770-779. Diakses pada: www.elsevier.com/locate/procedia

Zulfadli, Teuku. 2018. Kajian Sistem Pengolaha Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) dengan Metode Pemanasan. International Journal of Natural Sciences and Engineering. Volume 2 (1) hal. 34-31

Biografi Penulis

Ni Made Wirastika Sari, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).