Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah SMA Islam Syarif Immamuzzahidin di Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Ris Widianti , Candra Eka Puspitasari , Nadya Arianita Turisia , Neneng Rachmalia Izzatul Mukhlishah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2211

Diterbitkan:

2022-11-02

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Siswa SMA, Penyuluhan, PHBS

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Widianti, R., Puspitasari, C. E. ., Turisia , N. A. ., & Mukhlishah, N. R. I. . (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah SMA Islam Syarif Immamuzzahidin di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 70–73. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2211

Abstrak

PHBS di Lingkungan sekolah merupakan suatu perilaku yang dipraktikkan oleh siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah sebagai suatu upaya untuk mencegah penyakit, meningkatkan kualitas kesehatan, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. PHBS disekolah merupakan tatanan awal untuk menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. Tujuan penyuluhan adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan institusi pendidikan di SMA Islam Syarif Imamuzzahidin. Metode yang dilakukan melalui penyuluhan PHBS kepada siswa SMA Islam Syarif Imamuzzahidin dilakukan dengan menggunakan alat ukur kuesioner yang telah tervalidasi yang diberikan sebelum penyampaian materi dan setelah penyampaian materi. Setelah penyuluhan PHBS dilakukan, pengetahuan siswa tentang PHBS mengalami peningkatan (79,03%) dibandingkan pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan(77,11%). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan ini dapat menambah pengetahuan siswa tentang PHBS.

Referensi

Arisanthi, L.C., Nadya, A.T., & Candra, E.P. (2022). peningkatan derajat kesehatan melalui penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dalam tatanan rumah tangga dusun wanasari kota mataram. Jurnal Pepadu, 3(2).

Efendi, F. & Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas : Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Salemba Medika : Jakarta.

Gunarsa, (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan 12. Gunung Mulia : Jakarta.

Hasibuan, R., & Syafaruddin. (2021). Problematika Kesehatan dan Lingkungan di Bumi Melayu, CV. Merdeka Kreasi Group : Medan Sunggal.

Kemenkes RI. (2018). Pedoman Pembinaan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta.

Kemenkes RI.(2019). http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-yang-dimaksud-sehat-dan-bugar. Diakses tanggal 1 oktober 2022.

Lubis, Z.S.A., Namora, L.L., & Eddy, S.(2013). pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang phbs di sekolah dasar negeri 065014 kelurahan namogajah kecamatan medan tuntungan tahun 2013. Program Sarjana Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Lucie, S. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ghalia Indonesia, Bogor..

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2011).

Pratita, A.T.K., dkk. (2022).penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di lingkungan Sekolah. Perkumpulan rumah cemerlang Indonesia

Biografi Penulis

Ris Widianti, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).