Pendampingan Kader Melalui Kampanye Protokol Kesehatan 5M Pada Ibu Ibu Rumah Tangga dan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD)

Penulis

Sitti Rusdianah Jafar , Mas’adah , Gusti Ayu Sri Pujawanis W

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2213

Diterbitkan:

2022-09-25

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

pendampingan Kader, Kampanye Prokes 5 M, Ibu RT, FGD

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jafar, S. R. ., Mas’adah, & Pujawanis W, G. A. S. . (2022). Pendampingan Kader Melalui Kampanye Protokol Kesehatan 5M Pada Ibu Ibu Rumah Tangga dan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 357–364. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2213

Abstrak

Perkembangan virus Covid-19 masih perlu diwaspadai, berbagai jenis varians masih muncul salah satunya varians omicron. Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya. Perkembangan kasus covid sekarang lebh banyak dengan varian omicron, disis lain  penularan yang sangat cepat sehingga  angka kesakitan masih cukup tinggi,  khususnya pada cluster keluarga, sehingga peran keluarga khususnya ibu rumah tangga  dibutuhkan untuk memutus rantai penularan dalam mencegah penularan virus covid-19. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pendampingan kepada kader dalam emberikan kampanye protocol 5 M kepada ibu rumah tangga dan dilanjutkan dengan kegiatan FGD. Metode yang digunakan  oleh kader dalam memberikan edukasi dengan menggunakan media lembar balik dan booklet, serta demonstrasi cara mencuci tangan dan cara menggunakan masker. Kegiatan dilaksanakan di wilayah kelurahan Dasan Cermen dengan Sasaran  ibu rumah tangga sebanyak 25 orang  hasil menunjukkan 89 % ibu rumah tangga  dapat mempraktikkan kembali 6 langkah cara mencuci tangan dengan benar, 90 % dapat mempraktikkan cara menggunakan masker dengan benar, 87% yang tahu perlu isolasi mandiri disaat seseorang terpapar covid-19,  79% belum memamhami pentingnya menjaga jarak. Sekitar 50% bu rumah tangga yang tahu manfaat tentang vaksin. Hasil FGD bahwa masih ada kader yang canggung dalam memberikan edukasi  karena belum menguasai materi.

Referensi

Ali, K. M., & Muhammad, R. (2021). Pendampingan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) pada Keluarga di Kelurahan Tobololo Kota Ternate di Era New Normal. 1(1), 25–31.

Atmojo, J. T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., Syujak, A. R., Nugroho, P., Putra, N. S., Nurrochim, N., Wahyudi, W., Setyawan, N., Susanti, R. F., Suwarto, S., Haidar, M., Wahyudi, W., Iswahyudi, A., Tofan, M., Bintoro, W. A., … Mubarok, A. S. (2020). Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini. Avicenna : Journal of Health Research, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.36419/avicenna.v3i2.420

Devi Pramita Sari, & Nabila Sholihah ‘Atiqoh. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Masyarakat Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 Di Ngronggah. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(1), 52–55. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i1.850

Jafar Sitti, R. M. M. M. W. G. A. S. (2021). Pelatihan kader dalam penerapan protokol kesehatan 5 m untuk mencegah penularan COVID-19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 146–153.

Majid, N., & Mulawarman, U. (2020). Sosialisasi peran ibu rumah tangga sebagai pondasi ketahanan bangsa di tengah covid-19 pada ibu pkk desa badak baru kabupaten kutai kartanegara.

Makmun, A., & Hazhiyah, S. F. (2020). Tinjauan terkait Pengembangan Vaksin Covid-19. Molucca Medica, 13, 52–59.

Ningrum, P., Mubarak, H., Sari, T. W., & Husnah, H. (2020). Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Masker Dimasa Pandemi Guna Mencegah Penyebaran Virus COVID-19. Jurnal Abdidas, 1(5), 430–435. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.97

Rosidin, U., Eriyani, T., & Sumarna, U. (2019). Pelatihan Kader Kesehatan sebagai Upaya Sosialisasi RW Sehat. Media Karya Kesehatan, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.24198/mkk.v2i1.19952

Santi, Y., Indarjo, S., & Artikel, I. (2022). HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH. 6(1), 54–63.

Susilawati, E., Khaira, I., & Afrida, W. (2022). Edukasi Kesadaran Siswa Terhadap Pencegahan Penyebaran Varian Omicron Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.267

Syah, D. Z. R., Utari, D., & ... (2020). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’Minin …. Jurnal Pengabdian …, 2(2), 28–33.

Utami, R. A., Mose, R. E., & Martini, M. (2020). Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 di DKI Jakarta. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 68–77. https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.85

Biografi Penulis

Sitti Rusdianah Jafar, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Mataram, Mataram, Indonesia;

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).