Penyuluhan Budidaya Udang Vanamei dalam Kolam Terpal di Desa Kuranji, Lombok Barat

Penulis

Dewi Nur'aini Setyowati , Salnida Yuniarti Lumbessy , Dewi Putri Lestari , Fariq Azhar , Alis Mukhlis

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2217

Diterbitkan:

2022-11-01

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

udang vanamei, Kuranji, kolam terpal

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Setyowati, D. N., Lumbessy, S. Y., Lestari, D. P., Azhar, F. ., & Mukhlis, A. (2022). Penyuluhan Budidaya Udang Vanamei dalam Kolam Terpal di Desa Kuranji, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 21–23. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2217

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Udang vanamei adalah satu satu komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis, bahkan hingga skala ekspor. Desa Kuranji merupakan desa yang berbatasan dengan pantai. Posisi tersebut memberi peluang untuk dilakukan budidaya udang vanamei karena memudahkan dalam pengambilan air laut sebagai media pemeliharaan udang vanameiBudidaya dengan menggunakan kolam terpal memiliki beberapa keunungan antara lain irit biaya. Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan budidaya udang vanamei di kolam terpal pada masayarakat Desa Kuranji perlu untuk dilakukan. Metode penyuluhan meliputi sosialisasi dan perijinan kegiatan, pelaksanaan penyuluhan dan pemantauan. Hasil pengabdian menunjukkan antusias masyarakat untuk mengimpelemantasikan budidaya udang vanamei di kolam terpal.

 

Referensi

Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo, 2021. Budidaya Udang Vaname (Litopenaesu vannamei) di Tambak Milenial. (Milenial Shrimp Farmig/MSF). 46p.

Irsyam, M., Nuryadin, I., Ramadhan, D. S., Drajat, S. R., Sahabuddin. 2019. Analisa Usaha Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) pada Kolam Terpal Bundar dengan Sistem Microbuble Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan VI Universitas Hasanuddin, Makassar.

Safitrah, L., Setyowati, D. N., Astriana, B. H. 2020. Efektivitas Ekstrak Kulit Pisang Kepok (Musa balbisiana Colla) untuk Menurunkan Kanibalisme pada Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Jurnal kelautan. Vol 13 (1): 36-44

Setyowati, D. N., Lumbessy, S. Y., Azhar, F., Lestari, D. P., Wilisetiadi, L. W., Hermansyah, A. 2021. Penyuluhan Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Skala Rumah Tangga di Desa Kuranji Dalang, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4 (4): 180-182

Supito. 2017. Teknik Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Balai Besar Perikanan Air Payau (BBPBAP) Jepara.

Standar Nasional Indonesia (SNI 01-7252-2006). Benih Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Kelas Benih Sebar. Badan Standardisasi Nasional (BSN). 9p.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).