Pengenalan Beberapa Jenis Rumput dan Teknik Budidayanya di Kelompok Ternak Tunas Karya II Desa Teruwai

Penulis

Mastur , Harjono , Yusuf A. Sutaryono , Suhubdy , Sukarne

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2218

Diterbitkan:

2022-11-01

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

rumput unggul, teknik bududaya, kelompok tunas karya Desa Teruwai

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mastur, Harjono, Sutaryono, Y. A., Suhubdy, & Sukarne. (2022). Pengenalan Beberapa Jenis Rumput dan Teknik Budidayanya di Kelompok Ternak Tunas Karya II Desa Teruwai. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 24–28. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2218

Abstrak

Pengenalan jenis rumput unggul dan tata cara budidayanya telah dilaksanakan dikelompok ternak Tunas Karya Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah bertujuan untuk memeberikan pengetahuan tentang pengenalan ciri-ciri rumput unggul yang memeliki produsi tinggi dan mengandung nilai nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan ternak ruminansia seperti kambing, domba, sapi dan kerbau yang dipelihara oleh masyarakat  baik secara individual maupun secara berkelompok. Kegiatan ini akan dilaksanakan melalui dua tahap yaitu; tahap pertama adalah pemberian materi tentang pengenalan beberapa jenis rumput unggul dan ciri-cirinya yang kemudian dilanjutkan dengan materi teknik budidaya rumput unggul agar peternak dapat memilih jenis rumput yang akan mereka kembangkan sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan pelatihan budidaya langsung pada lahan yang dimiliki oleh kelompok ternak Tunas Karya serata sekaligus akan dijadikan sebagai kebun bibit rumput sehingga para peternak dapat mengambil bibit dan menanamnya pada lahan-lahan yang bertofografi miring atau dilahan perkebunan seperti dibawah tanaman kelapa dan sebagainya. Dari hasil kegiatan ini para peternak mampu membedakan beberapa jenis rumput unggul dan tata cara penanamannya serta bagaimana cara pemeliharaannya yang pada akhirnya para peternak mampu menyedikan hijaun pakan secara berkesinambungan sehingga tidak perlu mencari rumput sampai keluar desa temp;at tinggal mereka.

Referensi

Asiah, N., Idayanti, R. W., & Viana, C. D. N. (2021, June). ANALISIS MANAJEMEN PEMELIHARAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHA TERNAK KERBAU DI KECAMATAN JATI, KABUPATEN KUDUS. IN PROSIDING SEMINAR TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP) FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN (Vol. 8, pp. 624-633).

Hasan, Z. (2018). Analisis Kelayakan Usaha Ternak Sapi Potong SemiIntensif di Kelurahan Tadokkong Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Kadir, A. T. (2020). BIODIVERSITAS TANAMAN PAKAN DI RANCH PATTALLASSANG DESA PALLANTIKANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Putra, R. A., & Hendrita, V. (2020). Kajian Sistem Pengelolaan Usaha Peternakan Sapi Potong di Kabupaten Sijunjung.

Rahmat Rukmana, 2009. Rumput Unggul Hijauan Makanan Ternak. Penerbit Kanisius. Jl. Cempaka 9, Deresan Yogyakarta 55281.

Rismunandar, 1989. Mendayagunakan Tumbuhan Rumput. Penerbit Sinar Baru Bandung..

Romjali, E. (2018). Program pembibitan sapi potong lokal Indonesia. Wartazoa, 28(4), 190-210.

Soedomo Reksohadiprodjo, 1981. Produksi Tasnaman Hijauan Makanan Ternak Tropik. Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas gadjaqh Mada Yogyakarta.

Werner W. Stur dan Peter M. Horne. 2001. Diterbitkan oleh ACIAR and CIAT.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).