Sosialisasi Pengelolaan Sampah Domestik di Kelurahan Gomong Mataram

Penulis

Immy Suci Rohyani , Ahmad Jupri , Hilman Ahyadi , Rachmawati Noviana Rahayu

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2219

Diterbitkan:

2022-12-20

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

pengolahansampah, greenlifestyile,kelurahanGomong

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rohyani, I. S., Jupri, A. ., Ahyadi, H., & Rahayu, R. N. . (2022). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Domestik di Kelurahan Gomong Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 446–451. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2219

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Permasalahan lingkungan khususnya permasalahan sampah ini menjadi isu yang hangat bukan hanya dikalangan masyarakat tetapi juga di lingkungan lingkar kampus. Masih rendahnya kesadaran terhadap sampah khususnya di lingkungan lingkar kampus ini dapat disebabkan karena minimnya informasi dan pembelajaran mengenai pentingnya pengelolaan sampah. Universitas Mataram merupakan salah satu universitas negeri yang berada di tengah-tengah kota, SebagianwilayahnyamerupakanbagiandarikelurahanGomongMataram. KelurahanGomongMatarammerupakan Kawasan yang cukuppadatdanberkembang, aktifitasperdagangan, percetakan, rumahkosmaupunkontrakanbayakberkembang di wilayahini. . Semakin banyak jumlah Warga pendatang yang tinggal kelurahangomong yang beradadisekitar kampusUniversitasMataram, semakin banyak pula jenis sampah yang dihasilkan di lingkungan sekitar. Salah satu solusi dan strategi untuk mereduksi sampah di lingkungan sekitar kampus adalah dengan melakukansosialisasipengelolaansampahberbasis komunitas. HarapannyakedepanakanterbentukBank Sampah yang inisiasinyamunculdarimasyarakat.Bank Sampahmerupakankonsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri atas tiga tahapan yakni tahap persiapan dengan melakukan survey lokasi, tahap kedua dengan mengadakan workshop dengan tujuan untuk mensosialisasikan pengelolansampahdanprogram bank sampah dan permasalahan-permasalahan terkait pengelolaan sampah dan tahap terakhir adalah inisiasi pembentukan bank sampah berbasisi komunitas. Metode yang digunakan untuk kegiatan workshop dan sosialisais  yaitu Focus Group Discuss(FGD)  yang dilakuakan di lapangan. Praktik langsung pengelolaan sampah. Sosialisasi juga dilakukan melalui seminar yang dilakukanolehtimpengabdianmasyarakat yang berasaldari program studiIlmulingkunganUnram. Luaran dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya keperdulianWarga terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi belakangan ini, meningkatnya jumlah Warga yang menerapkan greenlifestyile, adanya inisiasi pembentukan bank sampah berbasis komunitas yang berkesinambungan.

 

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Environmental Services Program (ESP). 2006. Modul Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Development Alternatives, Inc. for USAID: Medan,Bandung, Subang dan Surabaya.

Istirokhatun, T., dan Dwi Nugraha, W. (2019). Pelatihan Pembuatan Ecobricks Sebagai Pengelolaan Sampah Plastik di RT 01 RW 05 Kelurahan Kramas, Tembalang, Semarang. PASOPATI, 1(2).

Lianandari, Putri. 2011. Menjadi Jutawan Dari Sampah Plastik: Menyulap Sampah Plastik Menjadi Kreasi Unik dan Cantik. Yogyakarta: Araska.

Paradita, L. I. 2018. Pemilahan Sampah: Satu Tahap Menuju Masyarakat Mandiri Dalam Pengelolaan Sampah. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 6(2), 184–194.

Suwatanti, E. P. S., & Widiyaningrum, P. 2017. Pemanfaatan MOL limbah sayur pada proses pembuatan kompos. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Sciences, 40(1), 1–6.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Uno, Mien R dan Siti Gretiani. 2011. Buku Pintar Etiket Hijau 300 Cara Bijak Ramah Lingkungan dan Menghemat Uang. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Waskito, Joko dan Irmawati. 2010. Green Lifestyle Warga Kota Solo. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis nomor.1 Volume 16. Hal 47-57, diunduh dari http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/123456789/2300/5.%20IRM AWATI.pdf?sequence=1

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).