Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Ponpes Haramain Narmada Menuju Jurnal Nasional Terakreditasi

Penulis

Agus Ramdani , A. Wahab Jufri , Jamaluddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2221

Diterbitkan:

2022-11-15

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Pelatihan, Karya tulis ilmiah, Nasional terakreditasi.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ramdani, A. ., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Ponpes Haramain Narmada Menuju Jurnal Nasional Terakreditasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2221

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kemampuan menulis khususnya menulis artikel ilmiah berbasis penelitian menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari profesi keguruan. Menulis artikel untuk jurnal ilmiah merupakan salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat bagi guru. Namun faktanya banyak guru yang belum melakukan publikasi ilmiah atau belum mampu menulis artikel ilmiah berbasis penelitian. Dari hasil angket yang diberikan kepada responden, diperoleh data bahwa para guru belum memiliki pengetahuan yang cukup dan luas tentang penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian untuk internasional bereputasi.Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan melatih keterampilan menulis serta mensubmit artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi bagi para guru di Ponpes Haramain, Narmada. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode workshop dan dilanjutkan dengan bimbingan secara online. Pada kegiatan workshop tatap muka, disampaikan materi mengenai definisi artikel dan jurnal ilmiah, mengapa guru wajib memiliki kemampuan untuk meneliti dan menulis artikel, tata tulis artikel ilmiah serta alasan penolakan artikel di jurnal. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam memahami tata cara menulis artikel ilmiah ke jurnal Nasional. Ketercapaian inti terlihat dari antusiasme peserta yang sangat baik pada saat pelatihan dan akan ada artikel yang disubmit ke Jurnal Nasional Terakreditasi.

Referensi

Agustang, A., Saleh, S., Rasyid, R., & Agustang, A. T. P. (2019). Pengembangan profesionalisme guru SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 2).

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Febriyanni, R., & Nurul Amelia Sari, S. (2022). Manajemen Pengembangan Karir Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Langkat. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 121-131.

Gunawan, G., Hadisaputra, S., Sedijani, P., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., Suhubdy, S., & Yustiqvar, M. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU IPA DI NUSA TENGGARA BARAT. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4).

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70-77.

Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8-13.

Harahap, A., & Yunita, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian untuk jurnal nasional dan internasional bagi guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 27(2), 181-185.

Indrariani, E. A., Setyawati, N., & Kurniawan, L. A. (2021). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASINYA BAGI PARA GURU DI JEPARA. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 2, pp. 108-113).

Listyaningsih, T. S., Jatiningsih, O., Satmoko, A., & Purba, I. P. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL TENTANG PANDEMI COVID 19 UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA GURU PPKN SMP DI KOTA SURABAYA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 489-498.

Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasi di jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71-82.

Qomar, M. N., Lida, U. M., & Noor, S. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Program Studi Perbankan Syariah di SMK Negeri 1 Kudus. Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 40-48.

Ramdani, A., Muhaimi, L., Rokhmat, J., & Baehaqi, B. (2019). Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2).

Sugiarti, S., Anggraini, P., & Musaffak, M. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MTs Muhammadiyah I Malang sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(1), 87-98.

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28-34.

Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. Deepublish.

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan menanggulangi plagiarisme di dunia pendidikan. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 6(5), 195-200.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).