Upaya Meningkatkan Kebermaknaan Pembelajaran Penentuan Struktur Senyawa Organik Melalui Interpretasi Data Spektroskopi Alumni Pendidikan Kimia

Penulis

Aliefman Hakim , Jeckson Siahaan , Yayuk Andayani , Mukhtar Haris , Syarifa Wahidah Al Idrus

Diterbitkan:

2022-11-01

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Pembelajaran Bermakna, Tipe-Tipe Praktikum, Struktur Senyawa Organik, Interpretasi Data Spektroskopi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hakim , A. ., Siahaan , J. ., Andayani, Y. ., Haris , M. ., & Al Idrus , S. W. . (2022). Upaya Meningkatkan Kebermaknaan Pembelajaran Penentuan Struktur Senyawa Organik Melalui Interpretasi Data Spektroskopi Alumni Pendidikan Kimia. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 16–20. Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/2225

Abstrak

Kemampuan menbaca dan menentukan struktur senyawa organik sangat penting bagi alumni dan calon guru kimia. Materi penentuan struktur senyawa organik sangat komplek dan bersifat abstrak. Selama masa kuliah, mata kuliah ini jarang diminati mahasiswa. Contoh yang diberikan dalam perkuliahan fokus pada spektrum pada handout atau teks book. Namun, mahasiswa kesulitas ketika mahasiswa diminta untuk membaca dan menentukan rumus suatu senyawa melalui spektrum hasil penelitian. Tentu hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan pengalaman mahasiswa dalam membaca spektrum hasil uji. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu suatu upaya dari dosen meningkatkan kualitas pembelajaran penentuan struktur senyawa organik. Dengan memberikan contoh cara penentuan struktur senyawa organik dari hasil penelitian, diharapkan dapat memberikan kesadaran dan pemahaman kepada mahasiswa tentang proses penyelidikan kimia dalam penentuan struktur senyawa organik. Hal ini akan meningkatkan kebermaknaan perkuliahan penentuan struktur senyawa organik.

 

Referensi

Hakim, A. (2014). Pengembangan Keterampilan Generik Sains, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Mahasiswa melalui Praktikum Proyek Mini Kimia Bahan Alam. Disertasi, SPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Hakim, A. (2017). Penyediaan senyawa standar dari tumbuhan obat Indonesia. Procedia Kimia, 1(1).

Farrukh, M. A. (Ed.). (2012). Advanced aspects of spectroscopy. BoD–Books on Demand.

Hollas, J. M. (2004). Modern Spectroscopy Fourth Edition, John Willey & Sons, Ltd. Chichester, England.

Theophanides, T. (2012). Infrared spectroscopy. Materials, Science, Engineering and Technology. Rijeka, Croatia, Intech Publications.

Tuldjanah, M. (2022). JAHECCINO: Minuman Herbal Modern Sebagai Inovasi Usaha Masyarakat Desa Sopu, Sulawesi Tengah. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-38.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).