HIMAFIS Mengabdi : Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di Yayasan Al-Isro’ Desa Badrain, Lombok Barat

Penulis

Thufail Mujaddid Al-Qoyyim , Baiq Andriani Saputri , Fahmi Firdaus , Johana Aulina Rahmatin , Nisrina Marliani , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2266

Diterbitkan:

2022-11-08

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pengabdian, Motivasi Belajar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Al-Qoyyim, T. M., Saputri, B. A., Firdaus, F., Rahmatin, J. A., Marliani, N., & Gunada, I. W. (2022). HIMAFIS Mengabdi : Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di Yayasan Al-Isro’ Desa Badrain, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 168–174. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2266

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak negative pada proses pembelajaran. Penggunaan teknologi pada pembelajaran online tidak selamanya berdampak baik. Pembelajaran online lebih banyak memberikan beban tugas dan pekerjaan rumah. Hal ini turut menurunkan motivasi dan kemauan belajar peserta didik. Salah satu daerah yang anak-anaknya mengalami penurunan motivasi belajar adalah Desa Badrain. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Model ini  memberikan proyek kepada peserta didik. PjBL memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berinteraksi dan berpartisiapasi lebih jauh dalam pembelajaran yang dikemas dalam bentuk pembelajaran berkelompok, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar pasca pandemi. Maka dari itu, HIMAFIS FKIP Universitas Mataram melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak di Desa Badrain. Kegiatan pengabdian terdiri atas tiga fase yaitu fase orientasi, fase pembelajaran dan fase penutupan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini cukup berhasil. Keberhasilan dapat dilihat dari motivasi, rasa ingin tahu dan interaksi peserta didik meningkat ditandai dengan banyaknya peserta didik yang berpartisipasi dan mampu menjelaskan kembali hasil proyek yang dibuat dalam kelompok pada pembelajaran berbasis proyek

Referensi

Alea, L. A. 2020. Teacher’s Covid-19 Awareness, Distance Learning Education Experiences amd Perceptions towards Institutional Readiness and Challenges. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. 19 (6). 127-144 https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.8

Belawati,. 2019. Pembelajaran Online. Jakarta: Universitas Terbuka http://repository.ut.ac.id/8813/1/EBOOK_PEMBELAJARAN_ONLINE.pdf

Cahyani, A., Listiani, I.D., Larasati, S.P.D. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajarana Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam. 3 (1). 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Hilyana, F.S. 2022. TPACK dalam Pembelajaran IPA. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management

Fitri. H., Wayan. D., Suharjo. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual. 3(2). 201-2012. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7 (2). 9-21 http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A.S., Loka, C., Goesvita, P.P.I., Aghata, P.S., Anggraeni, S. 2021. Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan. 9 (2). 7-14 https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811

Krajcik, J.S., Harold, S., dan Morten, F.V.L. 2008. How Do Geckos. Using Phenomena to Frame Project-Based Science in Chemistry Class. Jurnal The Science Teacher, Vol 75:38-49 https://s3.amazonaws.com/nstacontent/tst0811_38.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIMRSQAV7P6X4QIKQ&Expires=1665713572&Signature=prd1y2YQoO6wiyQg2R%2byvJiv%2bzk%3d

Marselus, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal Penelitian Inovatif, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.54082/jupin.4

Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A case study of students’ and teachers’ perceptions in a Finnish high school during the COVID pandemic. International Journal of Technology in Education and Science (IJTES), 4(4), 352-369 https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.167

Nurfaisal. 2021. Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covis-19 dalam Proses Belajar Dari Rumah. JIMEA : Jurnal Ilmiah MEA (Manajeman Ekonomi dan Akuntansi). 5 (1). 1800-1808 https://doi.org/10.54783/mea.v5i1.1605

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). 177-182. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2357/1356

Wijaya, K., Siregar, S., Sutrisno, S., Yuzni, S. Z., Aditya, R., & Idris, I. 2021. Pembelajaran Metode Team-Base Project Menggunakan Product Oriented. Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Biografi Penulis

Thufail Mujaddid Al-Qoyyim, Universitas Mataram

Baiq Andriani Saputri, Universitas Mataram

Fahmi Firdaus, Universitas Mataram

Johana Aulina Rahmatin, Universitas Mataram

Nisrina Marliani, Universitas Mataram

I Wayan Gunada, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).