Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Skill Improvement of Vocational School Students by Orchid Mutation Technology Training in Jember Regency

Penulis

Parawita Dewanti , Didik Pudji Restanto , Tri Handoyo , Laily Ilman Widuri , Firdha Narulita Alfian

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2280

Diterbitkan:

2022-11-29

Unduhan

Abstrak

Introduksi teknologi kultur jaringan skala rumah tangga masih kurang banyak diminati karena teknik kultur jaringan dianggap membutuhkan skill khusus dan peralatan yang cukup mahal. Siswa siswi SMK adalah SDM muda yang terampil dan berpotensi yang disiapkan untuk siap terjun langsung di dunia kerja maupun mendirikan usaha secara mandiri. Sasaran SDM siswa – siswi SMK ini sangat berpotensi untuk diedukasi terkait dengan bioteknologi mutasi pada tanaman anggrek. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk 1). Meningkatkan  program diseminasi hasil penelitian guna mengenalkan teknologi mutan untuk peningkatan variasi genetik anggrek agar lebih dikenal masyarakat di Kabupaten Jember khususnya SDM muda potensial yakni siswa – siwi SMK; 2). Membangun collegial work yang berorientasi pada pertanian industrial melalui hilirisasi karya penelitian dalam kegiatan pengabdian yang berpeluang sebagai sumber Revenue Generating (RG). Sasaran yang sangat berpotensi untuk tujuan pelatihan ini yakni siswa-siswi dari tujuh SMK di Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso. Kegiatan yang dilakukan berupa: 1). Pengenalan materi bioteknologi mutasi; 2). Praktek teknologi mutasi tanaman anggrek secara in vitro dengan menggunakan mutagen kimia; 3). Praktek persilangan dan aklimatisasi tanaman anggrek. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan mitra tentang teknologi mutan dan juga peningkatan skill mitra untuk mempraktekkan teknologi mutasi. Melalui program hibah ini, diharapkan dapat dilakukan transfer of skill and knowledge dari Tim Peneliti dan masyarakat sehingga diharapkan banyak bermunculan ragam produk anggrek mutan dari hasil sinergitas mitra dan Universitas Jember. Hasil pelatihan juga diharapakan terbentuk collegial work untuk mendukung percepatan hilirisasi produk tanaman mutan pada anggrek.

Kata Kunci:

Bioteknologi, Dendrobium sp, Kultur Jaringan, Mutagen kimia, SMK

Referensi

Ardiani, L. 2020. Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4(2), hal 194-200.

Arumingtyas, E.L., 2019. Mutasi, Prinsip Dasar, dan Konsekuensi. UB Press: Malang.

Bani, R., Dewanti, P., Restanto, D.P., Widuri, L.I. and Alfian, F.N., 2022. Aplikasi Kitosan Terhadap Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Sonia pada Tahap Aklimatisasi. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan. Vol 22(2), hal 146-154.

Dewanti, P., Usmadi., Magfiroh, I.S., Sugiharto, B., dan Widuri, L.I., 2022. Training of Orchid Cultivation for Enhancing the Entrepreneurial Spirit of Orchid Lovers Community in Jember Regency. Jurnal Panrita Abdi. Vol 6(1), hal 71-80.

Hartati, S., Budiyono, A., dan Cahyono, O. 2014. Studi eksplorasi dan karakterisasi anggrek alam secara morfologi dalam rangka pelestarian plasma nutfah. Agrineca. Vol 14(1), hal 1–16.

Kamila, N., Purnomo, S.S., Widyodaru, N. and Sandra, E., 2022. Induksi Mutasi Etil Metan Sulfonat (EMS) Terhadap Kenampakan Fenotip Anggrek Ki Aksara (Macodes Petola) Secara In Vitro. Jurnal AGROHITA: Jurnal Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Vol 7(1) hal 152-162.

Sandroto, C. W. 2021. Pelatihan: Pentingnya Soft Skill Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4(1).

Biografi Penulis

Parawita Dewanti, University of Jember

Didik Pudji Restanto, universitas jember

Tri Handoyo, universitas jember

Laily Ilman Widuri, universitas jember

Firdha Narulita Alfian, universitas jember

Cara Mengutip

Dewanti, P., Pudji Restanto, D. ., Handoyo, T., Ilman Widuri, L., & Narulita Alfian, F. (2022). Skill Improvement of Vocational School Students by Orchid Mutation Technology Training in Jember Regency. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 263–269. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2280