Penghijauan Untuk Menjaga Kualitas Air Dan Meningkatkan Kadar Oksigen Di Desa Peneda Gandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Muhammad Fayyadh , Gallan Eka Ramadhani , Eka Sunarwidi P , Tapaul Rozi , Wardatul Jannah , Pahmi Husain

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2307

Diterbitkan:

2022-11-06

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Penghijauan, Manfaat Penghijauan, Desa Penedagandor

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Muhammad Fayyadh, Gallan Eka Ramadhani, Eka Sunarwidi P, Tapaul Rozi, Wardatul Jannah, & Pahmi Husain. (2022). Penghijauan Untuk Menjaga Kualitas Air Dan Meningkatkan Kadar Oksigen Di Desa Peneda Gandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 135–140. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2307

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penghijauan merupakan kegiatan penanaman pada lahan kosong dengan tujuan agar lahan tersebut dapat dipulihkan, dipertahankan, dan ditingkatkan kembali kesuburannya. Masalah yang berkaitan dengan penghijauan lingkungan di Desa Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur adalah bagaimana menjadikan masyarakat sadar akan manfaat penghijaun bagi lingkungan dan pentingnya penghijauan lingkungan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penghijauan untuk menjaga kualitas air dan meningkatkan kadar oksigen. Metode pengabdian ini yaitu melakukan penghijauan dengan  penanaman  pepohonan. Tahap-tahap penghijauan dilakukan melalui tiga tahapan diantaranya; Penentuan titik koordinat penanaman; kegiatan penanaman dan perawatan. Penanaman dilakukan di pinggir jalan, dan tempat-tempat kosong atau berupa tanah lapang. Kegiatan penutup pengabdian ini masyarakat peserta kegiatan pengabdian diberikan pemahaman tentang manfaat penghijauan. Pohon-pohon yang ditanam akan mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya, dan memberikan suplai oksigen bagi manusia. Penghijauan yang berasal dari pepohonan juga akan menjaga kualitas air tanah. Pohon-pohon akan menjaga kualitas air tanah dengan akarnya. Air tanah yang dijaga oleh akar-akar pohon akan terlihat lebih jernih dan terasa lebih segar daripada air tanah yang tidak berada di sekitar pepohonan. Peserta pengabdian sangat partisipatif dan mengikuti kegiatan pengabdian hingga selesai sehingga masyarakat dapat memahami manfaat dan fungsi penghijauan dalam jangka panjang khususnya dalam menjaga kualitas air dan meningkatkan kadar oksigen.

Referensi

CEF (Converve Energy Future). 2020. Manfaat Penghijaun Bagi Lingkungan Hidup. Diakses melalui: http://greenhouseneutralfoundation.org/5-manfaat-penghijauan-bagi-lingkungan-hidup/

Fitri, R., Widjaja, H., & Fauzi, R. (2021). Penyuluhan Penghijauan Sempadan Sungai Ciliwung Di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 67-72.

Haryono, S. 2001. Pengantar Ilmu Penghijauan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Husain, P., Al Idrus, A., & Ihsan, M. S. (2020). The ecosystem services of mangroves for sustainable coastal area and marine fauna in Lombok, Indonesia: A review. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1(1), 1-7.

Jupri, A., Husain, P., Sucianawati, E., Ardina, G. A. D. N., Sunarwidi, E., & Rozi, T. (2022). Cegah Stunting dengan Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Desa Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 3(2), 101-106.

Jupri, A., Rukmana, D. A., Febriani, I., Nuraeni, N., Husain, P., Prasedya, E. S., & Rozi, T. (2022). Upaya Konservasi Mata Air Melalui Penghijauan Dengan Penanaman 1000 Bibit Pohon Di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1107-1114.

Jupri, A., Milenia, E. W., Jannah, W., & Husain, P. (2022). Ethnobotany of Food Plants Used by Local Communities at Joben Resort Mount Rinjani National Park, East Lombok. Jurnal Biologi Tropis, 22(3), 1025-1032.

Kurniawan, A. 2020. Manfaat Penghijauan bagi Lingkungan, Bersihkan Udara Hingga Segarkan Mata, diakses melalui: https://www.merdeka.com/jabar/9-manfaat-penghijauan-bagi-lingkungan-bersihkan-udara-hingga-segarkan-mata-kln.html

Nasir, M. 2002. Manfaat Penghijauan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurdiansyah, N., Alvino, L., Meilisan, D., Manurung, A. R. S., Nurhaliza, N., Putri, I. H., ... & Saputri, R. (2022). Penghijauan Lingkungan Melalui Pembagian 1000 Bibit Tanaman kepada Masyarakat Desa Pulau Rengas. Maspul Journal Of Community Empowerment, 4(2), 255-262.

Penedagandor dalam Angka 2021. Profil Desa penedagandor, Kec. Labuhan Haji, Kab. Lombok Timur: Humas Pemdes.

Purwanto, P. (2021). Penyuluhan Tentang Penghijauan Lingkungan Di Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Ramadhani, M., Harahap, S. A., Lubis, R. H. H., Herdyana, T., Hariati, E., Malinda, L., & Ramadhan, N. (2022). Penanaman Pohon Pucuk Merah Sebagai Penghijauan di Desa Ajibaho. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48-54.

Susilowati,L. E., Fatih, H., Kautsar, A.,& Fitriani, N. (2022). Penyediaan Bibit Untuk Tanaman Hias Oleh Mahasiswa KKN Untuk Program Penghijauan Kampus. Jurnal Gema Ngabdi, 4 (1), 49-56.

Zuhria, S. A., Nasrulloh, M. S., Ghozali, A., & Susanti, A. (2021). Revitalisasi Lahan melalui Gerakan Penanaman Seribu Pohon sebagai Upaya Pencegahan Erosi di Desa Banjarsari Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27-32.

Biografi Penulis

Ahmad Jupri, Universitas Mataram

Muhammad Fayyadh, Program Studi Manajemen Universitas Mataram, Indonesia

Gallan Eka Ramadhani, Program Studi Tenik Elektro Universitas Mataram, Indonesia

Eka Sunarwidi P, Program Studi Biologi FMIPA Universitas Mataram, Indonesia

Tapaul Rozi, Program Studi Ilmu Peternakan Fak. Peternakan Universitas Mataram, Indonesia

Wardatul Jannah, Universitas UNU NTB, Mataram, Indonesia

Pahmi Husain, Program Studi Biologi Universitas NW Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).