Pelatihan Penerapan Sistem Data Statistik Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i4.2330Diterbitkan:
2022-11-07Terbitan:
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022Kata Kunci:
sistem data statistik, mahasiswa tingkat akhir, pre test, post testArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Salah satu kesulitan mahasiswa tingkat akhir mengalami adalah mengolah, menganalisis, menyajikan dan menginterprestasi data. Hal ini menjadi masalah dalam percepatan penyelesaian studi mahasiswa. Pengabdian ini merupakan kegiatan pendampingan bagi mahasiswa tingkat akhir baik dalam melakukan pengolahan data hasil penelitian maupun dalam mendesain kerangka analisis serta uji validitas instrumen penelitian.
Pengabdian ini dilakukan sebagai upaya percepatan penyelesaian studi mahasiswa yang masih terkendala dengan kemampuan dan keterampilan pengolahan data, penyajian data, dan interpretasi data. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, mahasiswa diharapkan mampu mengatasi setiap kendala dimaksud. Sasaran pelaksanaan pengabdian ini adalah mahasiswa Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO yang telah selesai ujian proposal dan melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif yang berjumlah sebanyak 50 orang.
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan pemaparan materi dengan menggunakan media power point dan menganalisis data dengan menggunakan software SPSS versi 22 dan Microsfot Office Excel.
Penilaian kinerja pelaksanaan pengabdian ini dilakukan berdasarkan pendekatan pre test dan post test. Sebagai hasil, pada pre test sekitar 56% mahasiswa belum memahami penerapan sistem data statistik dalam penyelesaian tugas akhir dan hasil pro test terjadi kenaikan sekitar 21% setelah melalui proses pemaparan dan praktik materi Dalam pelatihan tersebut menggunakan alat analisis Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22 dan Microsoft Office Excel. Agar lebih optimal dalam meningkatkan pemahaman penerapan sistem data statistik, sebaiknya pemberian pelatihan tidak hanya sekali saja tetapi dapat dijadwalkan setiap tahun agar dapat membantu mahasiswa khususnya dalam mempercepat penyelesaian tugas akhir mereka.
Referensi
Darmono, A & Hasan, A. (2005). Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Semester, Grasindo: Jakarta.
Elaboration Likelihood Model in Consumer Research: A Review. Proceedings of the National Science Council Part C: Humanities and Social Sciences 11, no. 4 (2001): 301-310.
Febrilia, B. R. A., & Setyawati, D. U. (2020). Workshop Pengolahan Data Menggunakan Spss Bagi Mahasiswa Universitas Pendidikan Mandalika. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 232-239.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hustia, A., Arifai, A., Afrilliana, N., & Novianty, M. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS Bagi Mahasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2050-2061.
Musalamah,S., Ramadhan, M.A., & Saefudin, A. (2021). Pelatihan optimalisasi Microsoft Office untuk mendukung kinerja tenaga pendidik di sekolah. Jurnal Panrita Abdi, 5(4), 528-535.
Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62-67.
Biografi Penulis
Nurhuda Annaastasia, universitas halu oleo
Akhmad Mansyur, universitas halu oleo
Azwar Siddiq, universitas halu oleo
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).