Pelatihan Pembuatan Silase dengan Aditif Stimulan Bakteri as. Laktat di Kelompok Ternak Sapi Tunas Karya Desa Teruwai Pujut Lombok Tengah

Penulis

Harjono , Yusuf A. Sutaryono , Mastur , Dahlanuddin , Sukarne

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2369

Diterbitkan:

2022-11-01

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Silase, Aditif Stimulant, Bakteri Asam Laktat.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Harjono, Sutaryono, Y. A. ., Mastur, Dahlanuddin, & Sukarne. (2022). Pelatihan Pembuatan Silase dengan Aditif Stimulan Bakteri as. Laktat di Kelompok Ternak Sapi Tunas Karya Desa Teruwai Pujut Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 41–45. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2369

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan pada kelompok ternak Tunas Karya di Desa Teruwai Pujut Lombok Tengah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, keterampilan serta kemampuan peternak dalam hal mengawetkan hijauan makanan ternak dalam bentuk silase (hijauan pakan ternak yang difermentasi) dengan menggunakan aditif stimulan bakteri asam laktat. Selama ini teknologi pembuatan silase yang dilakukan oleh peternak hanya menggunakan bahan-bahan aditif stimulan dari sumber-sumber karbohidrat yang tersedia disekitar mereka seperti dedak, molasses dan jenis-jenis karbohidrat mudah larut lainnya, dengan tujuan untuk meningkatkan populasi bakteri asam laktat sehingga akan menjamin keberhasilan pembuatan silase. Pelatihan pembuatan silase dengan menggunakan aditif stimulan bakteri asam laktat ini selain menjamin keberhasilan peternak dalam membuat silase, juga diharapkan akan dapat menekan biaya yang dikeluarkan dalam proses pembuatan silase karena bahan/serum inokulan bakteri asam laktat yang digunakan dapat dibuat dengan biaya yang murah dan dapat diaplikasikan dengan cara yang mudah. Peningkatan pengetahuan, ketrampilan serta kemampuan peternak dalam mengelola pakan hijauan untuk ternaknya diharapkan peternak akan dapat mengatasi masalah kekurangan pakan yang selalu mereka hadapi setiap tahunnya. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian ini peternak diberikan pelatihan pembuatan silase dengan menggunakan aditif stimulant bakteri asam laktat untuk menjamin keberhasilan pembuatan silase, sehingga peternak dapat menjamin ketersediaan pakan berkualitas sepanjang tahun. Menurut pengamatan, pelaksanaan pelatihan ini dapat disimpulkan cukup berhasil karena sampai dengan kegiatan ini berakhir peternak masih terus mempraktikkan teknologi yang telah disampaikan. Setelah kegiatan ini di laksanakan, tim berharap peternak akan dapat meningkatkan produktivitas ternak sapi yang dipelihara serta mampu mengatasi permasalahan ketersediaan pakan ternaknya.

Referensi

Anonim, 2020. Program 1000 Desa Sapi. [https://disnakkeswan.ntbprov.go.id/program-1-000-desa-sapi-2/] diakses pada 03/10/2022.

Harjono, Yusuf A. S. , Mastur, Sukarne,. 2021. Pelatihan Pengolahan dan Pengawetan Hijauan Makanan Ternak Pada Kelompok Ternak Tunas Karya Desa Teruwai Pujut Lombok Tengah. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM Unram.

Suryani, H., Wijayandari, W., Fakhri, S., Latief, A., & Yani, A. (2020). Pengaruh Penambahan Bakteri Asam Laktat dan Pakan Sumber Energi terhadap Kandungan Nutrisi dan Fraksi Serat Silase Pelepah Sawit. Jurnal Peterakan, 17(2), 81-89.

Sutaryono, Y. A., Harjono, H., Mastur, M., & Sumiati, S. (2021). Manajemen Pemberian Pakan Berkualitas di Kelompok Ternak Sapi Pantang Mundur Desa Nyerot Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. Jurnal PEPADU, 2(2), 210-213.

Thiasari, N., Indawan, E., Lestari, S. U., & Sasongko, P. (2019). TEKNOLOGI TEPAT GUNA PEMBUATAN SILASE DAN HAY DARI BRANGKASAN UBI JALAR.

Wahyudi, A. (2019). SILASE Fermentasi Hijauan dan Pakan Komplit Ruminansia (Vol. 1). UMMPress.

Yulianto, R., Nurwidodo, N., Widianingrum, D. C., & Khasanah, H. (2022). Budidaya Rumput Odot dan Teknologi Pengawetan Hijauan Pakan Ternak Sapi didesa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(1), 27-37.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).