Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah (KDS)*): Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 14 Mataram melalui Pola Lesson Study for Learning Community (LSLC)

Penulis

I Made Sujana , Lina Yetti Budi Asih , Huraiyah , Luh Sri Narasintawati , Nurwachidah , Sri Aliyah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2371

Diterbitkan:

2022-11-02

Unduhan

Abstrak

Berbagai perubahan terjadi pada dunia pendidikan sebagai dampak dari berbagai tuntutan dan peristiwa yang terjadi pada pendidikan baik secara lokal maupun global. Menghadapi tantangan ini, guru dan dosen sebgai agent of change harus tetap melakukan pembaharuan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan LPTK melalui kemitraan antara guru bahasa Inggris SMPN 14 Mataram dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram dengan melibatkan 4 orang guru Bahasa Inggris, Kepala Sekolah dan 1 orang dosen. Kegiatan dilaksanakan dengan Pola Lesson Study for Learning Community (LSLC) dengan tahapan Plan, Do, See, dan Redesign. Dari serangkaian kegiatan Siklus 1, telah dihasilkan Chapter Design, Lesson Design, dan Modul Ajar materi Hopes and Wishes (PLAN). Rancangan ini telah diimplementasikan dalam Open Class dengan guru model dan diamati oleh 8 orang pengamat (DO) dan direfleksikan dalam diskusi yang melibatkan guru model dan pengamat. Dari refleksi guru dan dosen melalui reflective essay, disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran melalui penerapan Flipped Learning; (2) melalui kegiatan sharing tasks dan jumping tasks yang direncanakan bersama, kolaborasi dan partisipasi lebih baik; (3) siswa lebih aktif berkomunikasi melalui variasi kegiatan individu, berpasangan, dan kelompok lebih besar serta penugasan produksi di luar kelas. Dengan perancangan kolaboratif-partisipatif, kegiatan pembelajaran lebih dinamis, berpusat pada siswa, membangun kolaborasi, menumbuhkan komunikasi.

Kata Kunci:

KDS, kemitraan, LSLC, bahasa Inggris.

Referensi

Bergmann, J. & Sams, A. 2012. Flipped Your Classroom: Reach every student in every class everyday. Washington, DC: ISTE & ASCD.

Depdikbud. 2017. Model Silabus Bahasa Inggris untuk SMP/MTs. Jakarta: Depdikbud.

Melzer, P. 2017. A Conceptual for Personalized Learning. Germany: Springer Gabler.

Narasintawati, L. S., Huraiyah, & Aliyah, S. 2020. Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMP. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol 1 (2), Juni 2020

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemendibudristek. 2021. Pembelajaran Paradigma Baru. Jakarta: Kemendikbudristek.

Scarino, A., D. Vale, P. McKay, & J. Clark. 1994. A Learner-Centered Approach and the Application of the Eight Principles of Language Learning”, in P. Henry, et al. (eds). Foundations of Language Teaching: Reader. Geelong: Deakin University Press

Sujana, I M., Waluyo, W., Soepriyanti, H., & Arifuddin. 2019. Penerapan Deconstruction-Construction Model Dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Untuk Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2, Mei 2019.

Surat Edaran Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No. 2774/H.H1/KR.00.01/2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri.

Wachidah, S., Gunawan, A., & Diyantari. 2018. Bahasa Inggris: Think Globally, Act Locally untuk SMP/MTs Kelas IX. Buku Guru. Jakarta Kemendikbud

Cara Mengutip

Sujana, I. M. ., Asih, L. Y. B. ., Huraiyah, Narasintawati, L. S. ., Nurwachidah, & Aliyah, S. . (2022). Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah (KDS)*): Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 14 Mataram melalui Pola Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 54–63. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2371