Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Pada Guru Biologi Di Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i4.2444Diterbitkan:
2022-11-28Terbitan:
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022Kata Kunci:
: media, pembelajaran, android, pelatihanArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pembelajaran biologi yang berkualitas tidak bisa dilepaskan dari media pembelajaran. Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan pada guru biologi se-Kabupaten Lombok Tengah menunjukkan bahwa 60% guru biologi belum pernah membuat media pembelajaran berbasis android dan 100% membutuhkan pelatihan untuk membuat media pembelajaran berbasis android. Karena itu, dibutuhkan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis android untuk membantu guru biologi meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan bersama forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Biologi di Kabupaten Lombok Tengah. Jumlah guru biologi yang dilibatkan berjumlah 27 orang. Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis android ini dilakukan dengan mekanisme (1) penyampaian materi pembuatan media secara klasikal, (2) simulasi pembuatan media pembelajaran berbasis android, (3) penugasan dan pendampingan peserta pelatihan dalam membuat media pembelajaran, (4) presentasi hasil penugasan pembuatan media, dan (5) evaluasi kegiatan pelatihan. Pada setiap akhir kegiatan pelatihan, peserta diberi tugas untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran biologi berbasis android. Media pembelajaran hasil penugasan yang telah diselesaikan kemudian dipresentasikan dan diujicobakan pada peserta didik SMA. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan September 2022. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa sebanyak 60% guru belum pernah mengajar menggunakan media pembelajaran berbasis android dan 70% diantaranya tidak pernah mengikuti kegiatan pelatihan sejenis tentang penggunaan media pembelajaran berbasis android. Berdasarkan indikator dari respon dan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis android yang dirancang oleh guru menunjukkan bahwa indikator kepraktisan sebesar 78% (cocok digunakan dalam kegiatan pembelajaran).
Referensi
Hadiprayitno, G., Muhlis, M., & Artayasa, I. P. (2020). Pendampingan Guru Biologi dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2).
Onasanya, S. A. (2004). Selection and utilization of instructional media for effective practice teaching. Institute journal of studies in education, 2(1), 127-133.
Puspita, L. A. S., Padmadewi, N. N., & Wahyuni, L. E. (2019). Instructional Teaching Media to Promote Autistic Student’s Learning Engagement. Journal of Education Research and Evaluation, 3(2), 58-65.
Rolluqui, G. V. (2013, October). The instructional media for different levels in the Philippine educational system. In ICoME: International Conference for Media in Education (Vol. 4, pp. 556-562).
Subiyantoro, S., & Nugroho, A. (2018, October). Android-based instructional media development procedure to enhance teaching and learning in the age of disruption 4.0. In International Conference on Applied Science and Engineering (ICASE 2018) (Vol. 175, pp. 152-155). Atlantis Press.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).