Penyuluhan Pelaksanaan Lesson Study di SMA Negeri 1 Labuapi
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i4.2525Diterbitkan:
2022-11-28Terbitan:
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022Kata Kunci:
: Lesson Study, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran inovatifArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Labuapi adalah memberikan bimbingan kepada guru melaksanakan pembelajaran kolaboratif melalui penyuluhan dan pendampingan pelaksanaan Lesson Study. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan wawancara. Topik penyuluhan adalah tantangan pembelajaran abad 21 dan pentingnya pembelajaran kolaboratif, kolegial dalam upaya meningkatkan kompetensi dan keterampilan abad 21 siswa, manfaat dan langkah pelaksanaan Lesson Study/ Hasil pengabdian berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa umumnya guru melihat adanya dampak positif Lesson Study terhadap pengembangan profesionalisme guru. Rutinitas guru mengajar di kelas dan kultur mengajar tidak dalam tim merupakan faktor penghambat inisiasi pelaksanaan Lesson Study di kelas. Hasil angket menunjukkan bahwa umumnya guru belum pernah melaksanakan Lesson Study dan mereka perlu dimotivasi dan difasilitasi agar dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan lebih baik. Kesimpulan kegiatan pengabdian bahwa guru mendapatkan pemahaman bahwa penerapan Lesson Study memberikan manfaat dalam membantu guru mengamati proses pembelajaran yang berlangsung, membantu guru dalam membuat persiapan dalam mengajar serta membantu guru mengupayakan perbaikan pembelajaran
Referensi
Arsy, D K W S., Syamsuri, I. & Balqis. (2015). Kajian Implementasi Lesson Study pada Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dan PBL Kelas VII SMP untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik dan Keprofesionalan Guru. Diperoleh dari http://www.jurnal-online.um.ac.id/ artikel,
Artayasa, I P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (Juni 2018). Implementasi Strategi inkuiri Melalui Kegiatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kreativitas Pengembangan Media Inovatif IPA Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Hal. 197-206). Mataram: FKIP Universitas Mataram
Cerbin, W. & Kopp B. (2006). Lesson Study as a Model Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education,,18(3), 250-257.
Devi, N. P. L., Juniartina, P. P., & Pujani, M. (2020). Lesson Study Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Perkuliahan Biologi Dasar II Prodi S1 Pendidikan IPA. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya,14(2), 99-104.
Hird, M., Larson, R., Okubo, Y., & Uchino, K. (2014). Lesson Study Sharing: An Appealing Marriage. Creative Education. 5, 769-779.
Lestari, R., & Afifah, N. (2018). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Indonesian Biology Teachers, Jurnal pembelajaran Biologi, 1 (1), 37- 41.
Marble, S. (2007). Inquiring into Teaching: Lesson Study in Elementary Science Methods.Journal of Science Teacher Education. 18 (6), 935-953
Ningsih, S. C., & Aviory, K. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning. 4(2), 109-116.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity 10(1), 97-114.
Onno Y. & Ferreira, J. (2010). A Case Study Continuing Teacher Professional Development Through Lesson Study in South Africa. South African Journal Education. 30, 59-74.
Susilo, H., Chotimah, H., Joharmawan, R., Jumiati, Sari, Y D. & Sunarjo. (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah (S. Wahyudi, Ed). Bayumedia Publishing. Malang.
Winarsih, A. & Mulyani, S. (2012). Peningkatan Profesionalisme Melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. I (1), 43-50.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).