Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan HOTS Siswa Kelas VI SD Negeri Cisempur
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i4.2611Diterbitkan:
2022-12-12Terbitan:
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022Kata Kunci:
Project Based Learning, HOTS, Sekolah DasarArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
HOTS (Higher Order Thingking Skills) yang dimiliki oleh siswa kelas VI perlu dilatih untuk menjadi bekal siswa belajar di tingkat satuan pendidikan berikutnya yakni SMP atau yang sederajat. Data hasil ujian sekolah siswa kelas VI SD Negeri Cisempur pada tahun sebelumnya (2021) menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa, termasuk HOTS, masih belum optimal. Nilai siswa masih banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Upaya untuk meningkatkan HOTS siswa perlu terus dilakukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa kelas VI SD Negeri Cisempur melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali pertemuan yaitu pada tanggal 29 Agustus 2022 dan 12 September 2022. Peserta kegiatan meliputi semua siswa kelas VI SD Negeri Cisempur sebanyak 30 orang. Tahapan kegiatan terbagi menjadi 3 yakni kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, guru melakukan pembiasaan salam dan doa, apersepsi dan motivasi, serta penyampaian tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti dilakukan aktivitas sesuai sintak PjBL (Refleksi, Penelitian, Penemuan, Penerapan, Mengkomunikasikan). Pada kegiatan penutup dilakukan pembuatan kesimpulan, tindak lanjut, dan evaluasi. Pertemuan 1 mempelajari tentang: Tema 3 (Tokoh dan Penemuan), Sub tema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia). Pertemuan 2 mempelajari tentang: Tema 3 (Tokoh dan Penemuan), Sub tema 2 (Penemu dan Manfaatnya). Karya siswa (artefak) pada pertemuan ke-1 berupa Rangkaian Listrik dengan nilai rata-rata HOTS sebesar 89,6, sedangkan artefak pada pertemuan ke-2 berupa Peta Pikiran Tokoh dan Penemuannya dengan nilai rata-rata HOTS sebesar 90,1. Dengan demikian, penerapan model PjBL telah meningkatkan HOTS siswa kelas VI SD Negeri Cisempur untuk pembelajaran tentang Tema 3.
Referensi
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning Pada Masa Pandemi COVID 19. P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.
Ariyanto, A., Sutama, & Markhamah. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Penguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101–116.
Asman, Kumaro, M., & Barliana, M. S. (2022). Integration of 4Cs Skills into Learning by Using the Project Based Learning (PjBL) Model to Face the Challenges of the 21st Century. Proceedings of the 4th International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education (ICIEVE 2021), 651(Icieve 2021), 88–93. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220305.018
Budiman, D. A., Hamzah, S., Sarwono, S., & Yulistio, D. (2021). Improving Students’ Critical Thinking Skills by Using Project-Based Learning (PBL). Proceeding of 1 St UPP & Corolla International Conference Bengkulu, 2014, 1–10.
Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S. R., & Gofur, A. (2022). the Effect of Blended Project-Based Learning Integrated With 21St-Century Skills on Pre-Service Biology Teachers’ Higher-Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 104–118. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.27148
Ibrahim, A., Elfeky, M., Alharbi, S. M., Abdul, E. S., & Ahmed, H. (2022). The Effect Of Project- Based Learning In Enhancing Creativity And Skills Of Arts Among Kindergarten Student Teachers. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 2182–2191.
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935
Jannah, R. (2021). Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Keleman, M., Rasul, M. S., & Jalaludin, N. A. (2021). Assessment of Higher Order Thinking Skills Through Stem Integration Project-Based Learning for Elementary Level. International Journal of Social Science and Human Research, 04(04), 835–846. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-40
Kim, Y. (2021). The Problem/Project-Based Learning (PBL/PjBL) at Online Classes. International Journal of Advanced Culture Technology, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.17703/IJACT.2021.9.1.162
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/24661
Launuru, A., Rumahlatu, D., & Matdoan, M. N. (2021). PjBL-HOTS learning model: Its application and effect on cognitive learning outcomes, critical thinking, and social attitudes. BIOEDUPAT: Pattimura Journal of Biology and Learning, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30598/bioedupat.v1.i1.pp1-10
Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 142–167.
Paristiowati, M., Rahmawati, Y., Fitriani, E., Satrio, J. A., & Hasibuan, N. A. P. (2022). Developing Preservice Chemistry Teachers’ Engagement with Sustainability Education through an Online, Project-Based Learning Summer Course Program. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031783
Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108–117.
Qur’ani, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Boga Siswa Smkn 6 Makassar. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(2), 53–60.
Rahmanto, J. P., Ptrikha, F. D., Wulandari, S. S., Harti, & Sudarwanto, T. (2021). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 130–136.
Retnoasih, N. (2018). Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains (JPPMS), 2(2), 48–53.
Ridlo, Z. R., Nuha, U., Terra, I. W. A., & Afafa, L. (2020). The implementation of project-based learning in STEM activity (water filtration system) in improving creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012073
Rochim, R. A., Prabowo, P., Budiyanto, M., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022). The Use of STEM-Integrated Project-based Learning Models to Improve Learning Outcomes of Junior High School Students. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021), 627, 211–218. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.034
Sadikin, A., & Yelianti, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 195–204. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.15709
Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). The development of students’ worksheets using project based learning (PjBL) in improving higher order thinking skills (HOTs) and time management skills of students. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012173
Sejati, D. J. W., Isnaeni, W., & Saptono, S. (2021). Analysis of High Level Thinking Skills, Character and Skills of Science Process of High School Students in Project Based Learning. Journal of Innovative Science Education, 10(2), 183–192. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Sulfemi, W. B., Siswanto, Heryadi, T., & Soleh, A. N. (2020). Model Project Based Learning Berbantu Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Efektif Pada Surat Undangan. Metalingua, 18(2), 271–283.
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Susanto, S., Desrani, A., Ritonga, A. W., & Rubiyantoro, Y. (2022). Improving Students’ Creative Thinking In Learning Arabic Through HOTS Based Project Based Learning Model. An Nabighoh, 24(1), 1. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.3924
Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. (2020). Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBL Towards 4C Skills of Students. JISE, 9(2), 181–187. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Utama, A., Jalinus, N., Jasman, J., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 48–55. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.96
Utami, T. P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.128-134
Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262
Wahyuningsih, S., & Susanti, R. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 1. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6384
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).