Sosialisasi Program Studi Magister Dan Doktor Pendidikan IPA Melalui Kegiatan Seminar Nasional Berwawasan Ekowisata

Penulis

Muntari , Agus Ramdani Ramdani , Joni Rokhmat

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2626

Diterbitkan:

2022-12-16

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Seminar, Sosialisasi, Pascasarjana Unram, Ekowisata

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muntari, Ramdani , A. R. ., & Rokhmat, J. . (2022). Sosialisasi Program Studi Magister Dan Doktor Pendidikan IPA Melalui Kegiatan Seminar Nasional Berwawasan Ekowisata. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 381–386. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2626

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Dalam rangka persiapan penerapan kurikulum  baru program magister dan doctor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram dijumpai beberapa permasalahan, diantaranya (1) Mahasiswa dan calon mahasiswa belum memiliki pemahaman yang utuh terkait dengan kurikulum Pendidikan IPA Berwawasan Ekowisata (2) Penelitian tugas akhir mahasiswa perlu diarahkan pada kajian dan implementasi pendidikan dan pembelajaran IPA Berwawasan Ekowisata;dan (3) Diseminisasi hasil penelitian mahasiswa (tesis) dengan memfokuskan penelitian pada kajian dan pengembangan pendidikan dan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan kearifan lokal masih rendah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang konprehensif tentang studi pada program magister dan doktor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram sehingga bias meningkatkan minat calon mahasiswa untuk studi lanjut pada kedua program studi dan mempercepat masa penyelesaian studi mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam dua tahap,yakni pada taham pertama presentasi dan demonstrasi karya-karya inovatif dosen Program Studi Magister Pendidikan IPA, kemudian pada tahap kedua sosialisasi program magister dan doctor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram Berwawasan Ekowisata. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara hybrid (online dan ofline) peserta ofline yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini berjumlah 150 orang. Hasil Pelatihan menunjukkan bahwa (1) Pengabdian ini menambah wawasan dan pengetahuan kepada para peserta terkait program studi Magister dan Doktor Pendidikan IPA Berwawasan Ekowisata, (2) Pengetahuan yang diperoleh peserta seminar dan sosialisasi merupakan modal berharga untuk perencanaan untuk mendaftar di program studi Magister dan Doktor Pendidikan IPA.

Referensi

Dewi, I. N., Dwi, U. S., Effendi, I., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2021). The Effectiveness of Biology Learning-Local Genius Program of Mount Rinjani Area to Improve the Generic Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 265-282.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hanapi, E., Hariyono, H., & Utaya, S. (2017). Pemanfaatan Objek Wisata sebagai Sumber Pembelajaran Kontekstual Pros. Semin. Nas. Mhs. Kerjasama Dir. Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Hia, N. (2017). Strategi Komunikasi Pimpinan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Memasuki Akademi Manajemen Informatika Komputer Medan Business Polytechnic Di Kota Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 1(2), 59-76.

Milla, H., & Febriola, D. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Memilih Masuk Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 149-158.

Sari, I. E., & Rosyidi, M. H. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Idhotun Nasyiin Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 22-31.

Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual IPA Melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 30-38.

Snively, G., & Corsiglia, J. (2001). Discovering indigenous science: Implications for science education. Science education, 85(1), 6-34.

Surachman, M., Muntari, M., & Savalas, L. R. T. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pijar MIPA, 9(2).

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Bio Educatio, 3(2), 279499.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).