Pendampingan Sekolah Siaga Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana di SMK Kehutanan Qomarul Huda Lombok Barat

Penulis

Lily Maysari Angraini , Syamsuddin Syamsuddin , Rahadi Wirawan , Nurul Qomariyah , Bakti Sukrisna

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.263

Diterbitkan:

2019-05-13

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

File Tambahan

Cara Mengutip

Angraini, L. M., Syamsuddin, S., Wirawan, R., Qomariyah, N., & Sukrisna, B. (2019). Pendampingan Sekolah Siaga Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana di SMK Kehutanan Qomarul Huda Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.263

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Based on its geographical location, West Nusa Tenggara Province is located in a disaster-prone area. Because generally disaster hazards can occur anywhere with little or no warning, it is very important to be prepared for disaster hazards to reduce the risk of their impacts. One of the most strategic efforts is through learning or training to improve the ability of the community to respond to disasters by creating a Disaster Preparedness School. The purpose of this activity is to realize the implementation of disaster management activities in schools / madrasas. The method used is (a) direct instruction to improve partner understanding related to disaster and disaster mitigation materials, (b) Group Discussion Forum to develop disaster learning modules and (c) simulations to improve disaster response partner skills. This activity will be held in the Qomarul Huda Narmada Forest High School in West Lombok-NTB. The output target of this activity is the formation of an evacuation route map as well as an explanation and the establishment of a disaster learning module that can be used in the learning process. It is hoped that by developing disaster preparedness school programs will contribute effectively to early prevention of disaster hazards.

Keywords: Disaster Preparedness School, disaster mitigation, earthquake.

Referensi

Bambang Indriyanto. 2010. Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah. Gugus TugasPengurangan resiko Bencana dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Panduan Umum, Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat. Diakses di www.idepfoundation.org/pbbm tanggal 2 April 2018.

BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2018. Laporan Pelaksanaan Penerapan Pengurangan Risiko Bencana Menuju Sekolah Aman Bencana Tahun 2018 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mataram.

BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2018. Laporan Pelaksanaan Penerapan Pengurangan Risiko Bencana Menuju Sekolah Aman Bencana Tahun 2018 di SMK Kuripan Kabupaten Lombok Barat.

BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2018. Laporan Pelaksanaan Penerapan Pengurangan Risiko Bencana Menuju Sekolah Aman Bencana Tahun 2018 di SMK Kehutanan Qomarul Huda Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Biografi Penulis

Lily Maysari Angraini, Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Syamsuddin Syamsuddin, Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Rahadi Wirawan, Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Nurul Qomariyah, Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram

Bakti Sukrisna, Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univerisitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).