Pelatihan Pembuatan Sirup dari Buah Mangrove di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Penulis

Ayu Adhita Damayanti , Chandrika Eka Larasati , Baiq Hilda Astriana , Edwin Jefri , Soraya Gigentika , Jumiarti , Sirrul Aini Dewi , Afrijal

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.2670

Diterbitkan:

2023-06-05

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Sonneratia, Sosialisasi, Pelatihan, sirup, kuliner, Desa Jerowaru, Bale Manrove

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Damayanti, A. A., Larasati, C. E. ., Astriana, B. H. ., Jefri, E. ., Gigentika, S. ., Jumiarti, … Afrijal. (2023). Pelatihan Pembuatan Sirup dari Buah Mangrove di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 125–130. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.2670

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Jerowaru memiliki sumberdaya hutan mangrove yang sangat potensial, namun masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Buah mangrove terutama dari jenis Sonneratia belum diolah secara tepat guna sehingga masih tidak termanfaatkan. Padahal, bila diolah secara berkelanjutan maka akan dapat dihasilkan produk-produk khas yang bila dijual akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat pesisir Desa Jerowaru untuk bisa memanfaatkan buah mangrove, salah satunya melalui olahan sirup. Pengetahuan dan keterampilan ini diharapkan dapat menjadi salah satu modal untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Poton Bakau, tepatnya di daerah eduwisata Bale Mangrove, Desa Jerowaru, dengan diikuti oleh 35 peserta terdiri dari ibu-ibu PKK, Karang Taruna, karyawan Bale Mangrove dan beberapa pengunjung daerah eduwisata tersebut. Kegiatan berupa sosialisasi potensi pemanfaatan mangrove, serta pelatihan pembuatan sirup. Masyarakat sangat antusias karena mendapat pengetahuan baru yang juga mudah untuk dilakukan. Peserta berharap akan ada kegiatan sejenis di tahun-tahun berikutnya. Produk-produk olahan berbasis mangrove sangat diharapkan menjadi menu kuliner ikonik di daerah tersebut

Referensi

Ahmed, R.S.J, Moustami, H, Ahmed, Muhammad, A., Haq, Jahan, Muhammad, R. 2010. Serum glucose and lipid profiles in rats following administration of Sonneratia caseolaris (L.) Engl. (Sonneratiaceae) leaf powder in diet. Journal Advance in Natural and Applied Science. (2), 4, 171-173, http://www.aensiweb.com/old/anas/2010/171-173.pdf.

Bandarayanake. 2002. Bioactives, bioactive compounds and chemical constituents of mangroves plants. Kluwer Academic Publisher, Ecology of Mangrove Plants. (2), 10, 421-452, https://link.springer.com/article/10.1023/A%3A1021397624349.

Bengen, D.G. 2000. Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. PKSPL-IPB:Bogor.

Dahuri, R, Nikijuluw, V.P.H, Manadyanto, Adrianto, L, dan Sukardi, 1995. Studi Pengembangan Kebijaksanaan Ekonomi Lingkungan. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup IPB dan Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup:Bogor-Jakarta.

Hilyana, S, Amir, S, Marzuki, M, Damayanti, A.A. 2019. Pemberdayaan Wanita Pesisir Melalui Olahan Pangan Berbasis Mangrove di Desa Paremas Kabupaten Lombok Timur. Prosiding Pepadu. 1, 416-424, https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingpepadu/article/view/65.

Larasati, C., Damayanti, A.A, Paryono, Astriana, B.H, Himawan, M.R, Lestariningsih, W.A. 2022. Pengolahan Buah Mangrove Jenis Sonneratia alba Menjadi Permen Jelly di Desa Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. (4), 5, 114-119, https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/2204/1630.

Manalu, R.D.E. 2011. Kadar beberapa vitamin pada buah pedada (Sonneratia caeolaris) dan hasil olahannya. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Wu, S.B, Wen, Y, Li, X.W, Zhao, Y, Zao, Z, Hu, J.F. 2009. Chemical Constituent from the fruits of Sonneratia caseolaris and Soneratia ovata (Sonneratiaceae). Biochemical Systematic and Ecology. (1), 37, 1-5, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0305197809000039?via%3Dihub.

Varghese, J.K, Belzik, N, Nisha, A.R, Resmi, S, Silvipriya, K.S. 2010. Pharmacognostical and phytochemical studies of a mangrove (Sonneratia caseolaris) from Kochi of Kerala State in India. Journal of Pharmacy Research. (11), 3, 2625-2627, https:// www.researchgate.net/publication/276271466_Pharmacognostical_and_phytochemical_studies_of_a_Mangrove_Sonneratia_caseolaris_from_Kochi_of_Kerala_state_in_India

Biografi Penulis

Ayu Adhita Damayanti, Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).