Kelas Desain : Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva untuk Mahasiswa Calon Guru

Penulis

Thufail Mujaddid Al-Qoyyim , Rizal Hadi Pratama , Holis Angga Saputra , Denda Anung Satipa , Heppy Dwi Santika , Dewi Lestari , Rina Martiana , Tanwiruddin , Darma Juliana , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2673

Diterbitkan:

2022-12-22

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Kelas Desain, Canva, Media Pembelajaran, Poster Fisika, Fisika

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Al-Qoyyim, T. M., Pratama, R. H. ., Saputra, H. A. ., Satipa, D. A. ., Santika, H. D. ., Lestari, D. ., … Gunada, I. . W. . (2022). Kelas Desain : Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva untuk Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 463–467. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2673

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Guru tidak hanya berperan menyampaikan informasi saja. Namun, seorang guru  haruslah sebagai fasilitator pembelajaran. Salah satu bentuk guru menfasilitasi pembelajaran adalah dengan menyediakan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran ialah seperangkat perantara baik fisik maupun non-fisik untuk menggambarkan suatu bahasan materi pelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menvisualisasikan suatu konsep, hukum dan prinsip fisika adalah poster fisika. Oleh karena itu, penting bagi seorang calon guru untuk memiliki keterampilan merancang dan membuat media pembelajaran fisika, salah satunya poster fisika.Untuk menfasilitasi hal tersebut, HIMAFIS FKIP Universitas Mataram melaksanakan Pengabdian Kelas Desain sebagai sarana untuk menambah keterampilan mahasiswa calon guru fisika membuat poster fisika berbasis Canva. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan dengan dua pertemuan online dan satu pertemuan offline. Kegiatan pengabdian Kelas Desain berjalan dengan baik dan berhasil. Melalui kegiatan Kelas Desain, keterampilan mahasiswa calon guru fisika bertambah, ditandai dengan terkumpulnya 45 karya poster fisika sebagai output kegiatan.

Referensi

Ardhuha, J., Sudiarta, I. W., Savalas, L. R., Ap’aluddin., Al-Qoyim, T. M., Maemum, P. J., Fadli, A., Nurjamilah., Diarta, M. H., Ristanti, C. I., Maharani, N. N., Nurkhaliza, S& Dwiyanti, U. (2021).Pelatihan Bahasa Pemograman Python Berbasis Modul Sympy Untuk Memvisualisasi Konsep Fisika Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru.Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1238

Hafizah. 2020. Penggunaan dan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 225-240. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Hidayat, R.K., Sahidu, H., Gunada, I.W. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegritas dengan Karakter untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7 (2). 285-291. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.462

Hikmawati., Rokhmat, J., Sutrio. 2018. Penyuluhan Pembuatan Media Tiga Dimensi dan Penerapannya Melalui Model Siklus Belajar 5E Pada Peneliti-Peneliti di MGMP Fisika Se-Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 1 (1). 1-8. https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.479

Maiyena. S. Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter Materi Global Warming. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 3 (1). 18-26. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5546/3889

Pelangi, G. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. 8 (2). 79-96. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Rahmah, S.N., Kafrawi, M., Mashul, A. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya. 3 (2). 58-62. https://doi.org/10.19109/jifp.v3i2.3845

Rizawayani., Sari, S.A., Safitri, R., 2017. Pengembangan Media Poster Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1). 127-133. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435/6815

Saumi, N.N., Murtono., Ismaya, E.A. 2021. Peran Guru dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Jurnal Educatio. 7 (2). 149-155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Syefrinando, B. Suraida., Parman, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 6 (1). 39-44. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1522

Taha, M.J., Syamsuddin., Taufiq, A.U. 2018. Pengaruh Metode Poster Comment dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Terhadap Keaktifan Belajar Pesert Didik Pada Pelajaran Fisika di SMPN 1 Tanete Riaja. Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1). 40-44. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/index/article/view/3241

Wulandari, A., Nasbey, H., Supriyati, Y. 2021. Media Pembelajaran Poster Berbasis Aplikasi Android dengan Pendekatan Konstekstual Pada Materi Termodinamika. RISENOLOGI : Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan dan Bahasa. 6 (1b). 56-62. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61b.246

Yusandika. 2018. Pengembangan Media Poster Sebagai Sumplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Matematics Education. 1 (3). 187-196. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3593

Zahra, F. A., Sekaringtyas, T., Hasanah, U. 2021. Pengembangan Poster Interaktif Berbasis Android Pada Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar. OPTIKA : Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2). 131-144. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066

Biografi Penulis

Thufail Mujaddid Al-Qoyyim, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).