Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Virus Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Labuapi Kabupaten Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.2687Diterbitkan:
2023-02-21Terbitan:
Vol 6 No 1 (2023): Januari - MaretKata Kunci:
Video Pembelajaran, Virus, Hasil BelajarArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan observasi ini bertujuan untuk mengukur skor siswa, untuk mengetahui efektivitas proses belajar mengajar, perbedaan skor sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dengan media video pembelajaran, dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa tentang media video pembelajaran yang diberikan pada saat materi disampaikan tentang virus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Protest. Pretest ini dilakukan sebelum proses belajar mengajar, sedangkan postest dilakukan setelahnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor siswa meningkat setelah melakukan tes yakni 21 siswa rata –rata mendapatkan skor 83 pada hasil posttest. Sedangkan untuk rata-rata skor n-Gain yakni g>0,7 hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran masuk dalam kategori tinggi dan tafsiran cukup efektif, oleh karena itu kesimpulan yang dapat diambil yakni penggunaan video pembelajaran cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Cahyani, G.A, Khotimah, K., & Meishanti, P.A. (2020). Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Materi Virus Kelas X SMA Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Eduscope. Vol. 6, No. 2. ISSN :2460–4844.
Wahyuni, S.O., & Yokhebed. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol. 8, No. 1. ISSN: 2089-2802.
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istigra’. Vol. 5, No. 2.
Yendrita., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol. 2, No. 1. ISSN : 2598-7453
Biografi Penulis
Aulya Rahmadayanti Rabbani, Mahasiswa
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).