Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus

Penulis

Hadratullaili , Arisya Widyadhari

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2689

Diterbitkan:

2023-02-21

Unduhan

Abstrak

Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran berbasis gambar untuk membantu siswa memahami konsep dan materi secara efektif dengan mengurutkan gambar sesuai dengan pasangannya atau menempatkannya dalam urutan yang logis. Adapun beberapa tahapan dari penelitian ini yaitu tahapan persiapan, tahap materi ajar,tahapan deskripsi materi ajar, media dan evaluasi. Ketercapaian nilai ulangan siswa pada kelas X IPA 2 dengan nilai rata-rata 80, dimana KKM adalah 70, yang disebabkan karena kesesuaian model pembelajaran pada proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain factor internal (dari siswa itu sendiri) dan factor eksternal (dari lingkungan sekolah). Hasil yang dicapai dari model pembelajaran picture and picture adalah adanya peningkatan kemampuan menyimak, mengingat dan menceritakan kembali melalui pengurutan gambar sesuai alur cerita. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus.

Kata Kunci:

Picture and picture; Hasil belajar

Referensi

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi. Cibinong : Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Darmawan, Putu dan Diana Kristanti. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. Volume 5. No. 1. ISSN 2620-9926.

Winahyu. 2007. Perkembangan Sains: Suatu Telaah Atas Pendekatan Paradigma Baru. Jurnal Ilmu Hukum.

Chatib., dan Munif. 2010. Sekolahnya Manusia (Sekolah Berbasis Multple Itelligences di Indonesia. Bandung : Kaifa

Nabilah, Tasya. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Journal homepage. Volume 2. No. 1. ISSN: 2722-637.

Naila, Rofi’ati., Herlina, Lina., dan Sumadi. (2014). Penerapan Model Pencapaian Konsep Berbantu Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel SMA. Unnes Journal of Biology Education. Volume 3. No. 2.

Ramadhani, Renni. 2017. Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. ISSN: 2549-5976.

Sasmita, G. S. 2015. Penerapan Model Membelajaran Kooperatif Ttipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa di Kelas XI IPA 1 SMA N 3 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015â€. Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. No. 1.

Shohimin, A. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Ulfa, Nofiana., Arifin, Zainal., dan Wijayanti, Arfilia. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dengan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana. Journal for Lesson and Learning Studies. Volume 2. No. 2. ISSN : 2615-7330.

Usman, U. 2003. Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cara Mengutip

Hadratullaili, & Widyadhari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 89–93. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2689