Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Kelas XI SMA NEGERI 2 Labuapi.

Penulis

Hadratullaili , Nana Eliana

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2691

Diterbitkan:

2023-02-21

Unduhan

Abstrak

Hasil penelitian yang berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Intraktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Biologi SMA Negeri 2 Labuapiâ€. Bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran intraktif dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran biologi. Jenis observasi ini bersifat deskriftif kuantitatif dengan menggunakan one group post test design yang terdiri dari dua tahap yaitu treatment dan post test selama 4 sesi. Terdapat dua variabel dalam observasi ini, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 23 orang, yang kelasnya dipilih lansung guru biologi. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes Prestasi belajar biologi yang memenuhi kriteria valid hingga 10 soal pada materi sistem gerak yang hasilnya menunjukkan rata-rata postes 78. Dengan rata-rata nilai sebelum menggunakan model intraktif 71,5 dari guru biologi. Dari sini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran intraktif.

Kata Kunci:

Metode pembelajaran intraktif, Sistem gerak dan hasil belajar biologi

Referensi

Arikonto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: sRineka Cipta.

Arikonto. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Cetakan ke-2, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Harefa, Agnes R. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dengan Strategi Peta Konsep Pohon Jaringan Di Kelas XI SMKN 1 Gunungsitoli.Skripsi. Gunungsitoli: IKIP

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mitrawalida, 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sendana. Skripsi. Makassar: FKIP UMM.

Neni Yuniati, dkk. 2011. Pembuatan Media Pembelajaran Intraktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi.

Nurhani, Paluin, Y. K. & Tureni, D. 2017. Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako online. 4(2). Hal: 90-105.

Yanti dan Saparso. 2020. Model Pembelajaran Intraktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 7. Hal: 1357-1366.

Cara Mengutip

Hadratullaili, & Eliana, N. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Kelas XI SMA NEGERI 2 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2691