Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Kelas XI SMA NEGERI 2 Labuapi.

Penulis

Hadratullaili , Nana Eliana

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2691

Diterbitkan:

2023-02-21

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Metode pembelajaran intraktif, Sistem gerak dan hasil belajar biologi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hadratullaili, & Eliana, N. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Kelas XI SMA NEGERI 2 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2691

Abstrak

Hasil penelitian yang berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Intraktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Biologi SMA Negeri 2 Labuapiâ€. Bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran intraktif dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran biologi. Jenis observasi ini bersifat deskriftif kuantitatif dengan menggunakan one group post test design yang terdiri dari dua tahap yaitu treatment dan post test selama 4 sesi. Terdapat dua variabel dalam observasi ini, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 23 orang, yang kelasnya dipilih lansung guru biologi. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes Prestasi belajar biologi yang memenuhi kriteria valid hingga 10 soal pada materi sistem gerak yang hasilnya menunjukkan rata-rata postes 78. Dengan rata-rata nilai sebelum menggunakan model intraktif 71,5 dari guru biologi. Dari sini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran intraktif.

Referensi

Arikonto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: sRineka Cipta.

Arikonto. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Cetakan ke-2, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Harefa, Agnes R. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Intraktif Dengan Strategi Peta Konsep Pohon Jaringan Di Kelas XI SMKN 1 Gunungsitoli.Skripsi. Gunungsitoli: IKIP

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mitrawalida, 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sendana. Skripsi. Makassar: FKIP UMM.

Neni Yuniati, dkk. 2011. Pembuatan Media Pembelajaran Intraktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi.

Nurhani, Paluin, Y. K. & Tureni, D. 2017. Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako online. 4(2). Hal: 90-105.

Yanti dan Saparso. 2020. Model Pembelajaran Intraktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 7. Hal: 1357-1366.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).