Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa SMKN 1 Lingsar Melalui Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Penulis

Sahril Aziz , Ahmad Fauzan , Yulia Astuti , Sufiana

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2710

Diterbitkan:

2023-03-31

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Sumpah Pemuda, Nasionalisme, Pemuda

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aziz, S., Fauzan, A. ., Astuti, Y. ., & Sufiana. (2023). Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa SMKN 1 Lingsar Melalui Peringatan Hari Sumpah Pemuda . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 335–339. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2710

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Lahirnya sumpah pemuda menjadi awal mula lahirnya sikap nasionalisme para pemuda tahun 1928. Oleh karena itu, peristiwa sumpah pemuda dapat dijadikan semangat baru pemuda untuk membumikan nilai- nilai pancasila agar tidak tergerus oleh arus globalisasi. Untuk itu, peringatan hari sumpah pemuda di SMKN 1 Lingsar dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan dan menanamkan sikap nasionalis siswa melalui rangkaian acara kegiatan seperti upacara bendera, persembahan seni tari tradisional, persembahan drama musikal perjuangan pemuda Indonesia, fashion show pakaian adat dan permainan bakiak.

Referensi

Armawi, A. (2019). Nasinalisme Dalam Dinamika Ketahanan Nasional. Yogyakarta: University Press Angoota IKAPI.

Fajrieansyah, N. (2019). Pemimpin, Mimpi Muda,Tua Nyata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ganesha. (2019). Sumpah Pemuda Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika. Bandung: Penerbit Duta.

Hadharamaut. (2021). Gubahan Anak Bangsa.

Sukabumi: CV Jejak Anggota IKAPI.

Hardjasoemantri, K., Abdullah, T., Reeve, D., Agung, P., Lapbian, A. B., Pyurwasito, A., et al. (2007). Perjuangan Yang Tak Kunjung Selesai. Yogyakarta: Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia.

Huriyani. (2018). Permainan Tradisinal Anak Negeri. Jakarta: Balai Pustaka.

Ir Soekarno. (2021). Nasinonalisme, Islamisme, Marxisme Mengalahkan Kita. Yogyakarta: IRCiSOD.

Kusuma, G. R. (2020). Permainan Tradisinal Bakiak Dalam Mengembangkan Sosial Anak . Permaiana Tradisonal Bakiak, 12.

Mardawani. (2020). Peraktis Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta: CV Budi Utama.

Masan, M. R. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nasution, L. A. (2020). Revitalisasi Cinta Tanah Air. Yogyakarta: Samudera Biru.

Putri, V. V., Arsy, A. N., Kamila, R. K., & Tarinanda, P. (2019). Teori Komunikasi

dan Perubahan Masyarakat. Malang: PT. Cita Intrans Selaras.

Rappana, P., & Fajriah, Y. (2018). Menembus Badai Ekonomi Dalam Perspektif Kearifan Lokal. Makassar: CV Sah Media.

Restian, A. (2017). Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara. Malang: UMM Press.

Sjahdeini, S. R. (2021). Sejarah Hukum Indonesia.

Jakarta: Kencana.

Supriatna, N. (2008). Sejarah. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Surdaniyatun, S. (2012). Makna Sumpah Pemuda.

Jakarta: PT Balai Pustaka.

Tiena, Y. M., Susyanti, J., Nursanty, E., Herman, Korina, E., & Adhiat, M. (2021). Menggali Pondasi Karakter

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpfabeta

Biografi Penulis

Sahril Aziz, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).