Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SLB di Kota Mataram

Penulis

Abdul Kadir Jaelani

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2729

Diterbitkan:

2022-12-26

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Artikel Ilmiah, Inklusif, SLB Kota Mataram.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jaelani, A. K. (2022). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SLB di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 387–390. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2729

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Banyak sekali peluang menulis bagi para guru. Akan tetapi, sangat disayangkan peluang-peluang   tersebut   belum   banyak   dimanfaatkan  oleh  guru.   Keluhan tidak bisa menulis  masih  saja  menjadi  hambatan  bagi  guru  untuk  menangkap  peluang-peluang tersebut,    sehingga    pengembangan    diri  dan  karirnya    berjalan    tidak  seperti    yang diharapkan.   Munculnya   keluhan   tidak   bisa   menulis   di   kalangan   guru   tentu   saja   bukan tanpa sebab.   Secara   umum   ada   beberapa   kendala   yang   bisa   ditemukan   sehingga membuat tingkat  partisipasi  menulis  di  kalangan  guru  ini  rendah. Di antaranya rendahnya minat membaca dan menulis, keterbatasan bahan bacaan yang bisa menjadi bahan tulisan, tidak adanya rasa percaya diri, ketidakpahaman guru atas bekal-bekal keilmuan untuk bisa terampil menulis, rendahnya motivasi untuk menulis, minimnya sarana untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk jurnal ilmiah. Target yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah guru SLB memiliki pemahaman yang baik tentang karya tulis ilmiah khususnya artikel ilmiah inklusi, sebagai media dalam menelurkan ide-ide kreatif, terampil dalam menentukan tema menarik, menguasai langkah menyusun artikel ilmiah, menghasilkan artikel ilmiah, serta mempublikasi artikel ilmiah inklusi dalam jurnal pendidikan. Metode pelaksanaan yang akan dilakukan adalah menjelaskan konsep karya ilmiah atau artikel ilmiah, mengembangkan tema yang menarik khususnya tentang pendidikan inklusi, menyusun artikel serta memberikan pendampingan kepada peserta. Selanjutnya setelah peserta menyelesaikan artikel, semua tulisan diserahkan kepada tim untuk di review dan akan diambil 10 artikel terbaik untuk dipublikasikan pada jurnal pendidikan yang ada di FKIP Universitas Mataram, atau menawarkan kepada pihak terkait untuk membentuk jurnal secara mandiri, yang khusus memuat artikel-artikel berkaitan dengan pendidikan inklusi dan anak berkebutuhan khusus

Referensi

Gunawan, G., Hadisaputra, S., Sedijani, P., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., Suhubdy, S., & Yustiqvar, M. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU IPA DI NUSA TENGGARA BARAT. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4).

Harun. (2001). Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun, dkk. (Eds.), Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah (hlm. 13-14). Surakarta: UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Haryanto. (2006). Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan MajalahIlmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hidayat, L., Amwilla, A.Y. and Aprilia, A., 2015. Analisis Perputaran Modal Kerja, Perputaran Aktiva Terhadap Tingkat Pengembalian Modal. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 3(1).

Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November. Enrica,Bandung : Nuansa

SK MENPAN No.26/MENPAN/1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru

Smith J. David, 2006. Inklusi, Sekolah Ramah Untuk Semua terj. Dennis dan ny.

Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).