Penyuluhan Tentang Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Perilaku Siswa di SMK Negeri 6 Mataram

Penulis

Suryani , Mabrur Haslan , Elyn Septiana , Karenina Aulia Hidayat

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2746

Diterbitkan:

2023-02-25

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Penyuluhan, Dampak Negatif Globalisasi, Perilaku Siswa.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suryani, Haslan, M. ., Septiana, E. ., & Hidayat, K. A. . (2023). Penyuluhan Tentang Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Perilaku Siswa di SMK Negeri 6 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 196–199. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2746

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan agar khayalak sasaran, yaitu siswa SMK Negeri 6 Mataram agar memahami dampak negatif globalisasi dan upaya atau solusi untuk mencegah dampak negatif yang beredar di media. Target luaran adalah terpolanya pengetahuan  dan pemahaman siswa tentang dampak dan solusi dalam mencegah siswa terkena dampak negatif tayangan  kekerasan dengan meinjau dari perspektif kriminologis dan yuridis. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan dan FGD. Metode penyuluhan digunakan untuk memberikan informasi atau pengetahuan dan pemahaman terhadap perilaku siswa tentang dampak negatif globalisasi bagi siswa SMK Negeri 6 Mataram. Kegiatan penyuluhan ini terlaksana dengan baik karena di dukung oleh beberapa faktor pendorong, walaupun dalam kenyataannya terdapat faktor penghambat, namun hal itu tidak menjadi penghalang bagi pelaksanaan kegiatan penyuluhan kegiatan masyarakat ini. Penyampaian materi penyuluhan kegiatan masyarakat ini dengan menggunakan metode penyuluhan dan FGD. Penyampaian materi dengan menggunakan metode tersebut mendapat respon yang positif dari siswa yang hadir karena materi yang di sampaikan sangat berkaitan dengan dampak negative globalisasi terhadap perilaku di kalangan siswa.

Referensi

Agustinah, S. W., & Dina Indriyani. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Cianjur. Integralistik, 30(1), 53–62. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/20767

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Anjarwani, S. E., Jatmika, A. H., Agitha, N., Albar, M. A., & Afwani, R. (2022). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Bijak Bagi Remaja Pada Era Globalisasi. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 3(2), 296–303. https://doi.org/10.29303/jbegati.v3i2.840

S, D. H. (2019). DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP MORALITAS REMAJA ( STUDI SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i1.136

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).