Pendampingan Penyusunan Proposal PTK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Gerung

Penulis

Hikmawati Hikmawati , Joni Rokhmat , Kosim Kosim , Sutrio Sutrio

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.296

Diterbitkan:

2019-07-31

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hikmawati, H., Rokhmat, J., Kosim, K., & Sutrio, S. (2019). Pendampingan Penyusunan Proposal PTK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Gerung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.296

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pendampingan penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Gerung. Pelaksanaan kegiatan pendampingan dilakukan pada Kamis, 18 Juli 2019 yang bertempat di Ruang Laboratorium Biologi SMA Negeri 2 Gerung. Peserta kegiatan pendampingan berjumlah 26 orang guru. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdiri atas 4 tahap: pertama, ceramah tentang Proposal PTK; kedua, tanya jawab tentang Proposal PTK; ketiga, pendampingan menyusun proposal PTK; dan keempat, evaluasi kegiatan. Pada saat kegiatan pendampingan, peserta difasilitasi dengan menggunakan Lembar Kerja dalam menyusun Proposal PTK. Kegiatan pendampingan ini telah menghasilkan 11 draf Proposal PTK yang siap untuk dikembangkan menjadi Proposal PTK. Berdasarkan Lembar Evaluasi Kegiatan Pendampingan diperoleh informasi bahwa: guru-guru memiliki pengetahuan yang lebih tentang penyusunan Proposal PTK sehingga lebih mudah bagi guru dalam menyusun draf Proposal PTK; kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan telah mampu menghasilkan produk draf Proposal PTK; kegiatan pengabdian ini telah memberikan motivasi bagi guru dalam menyusun Proposal PTK; pendampingan penyusunan Proposal PTK  membantu guru mempermudah langkah untuk pengusulan kenaikan pangkat. Dengan demikian, kegiatan pendampingan penyusunan proposal PTK ini telah meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Gerung.

Referensi

Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

Aries, E.F. 2010. Design Action Reserch. Malang : Aditya Media Publishing.

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sujana, I Made dan Muntari. 2012. Modul PLPG: Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Mataram: Panitia Sergur Rayon 122 Universitas Mataram.

Biografi Penulis

Hikmawati Hikmawati, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, Universitas Mataram

Kosim Kosim, Universitas Mataram

Sutrio Sutrio, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).