Pendampingan Pembuatan Chicken Nugget Singkong untuk Meningkatkan Keanekaragaman Produk Pangan Hewani

Penulis

Fahrullah Fahrullah , Mohamad Ervandi , Susan Mokoolang , Yusriyah Atikah Gobel , Moh. Muchlis Djibran

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2973

Diterbitkan:

2023-03-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Chicken Nugget, Singkong, Pangan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fahrullah, F., Ervandi, M. ., Mokoolang, S. ., Gobel, Y. A., & Djibran, M. M. (2023). Pendampingan Pembuatan Chicken Nugget Singkong untuk Meningkatkan Keanekaragaman Produk Pangan Hewani. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 358–362. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2973

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Chicken nugget adalah salah satu produk dengan bahan baku daging ayam. Produk ini berupa restructured meat dengan macam-macam produk sesuai keinginan. Tujuan dari pengabdian kegiatan masyarakat ini adalah memanfaatkan pangan lokal yang banyak dijumpai di desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dengan cara mengembangkan inovasi pembuatan berbagai produk seperti chicken nugget singkong sehingga adapat memberikan keanekaragaman produk olahan hewani serta pemahaman tentang pemanfaatan tanaman singkong. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, demontrasi pembuatan produk serta evaluasi akhir. Berdasarkan evaluasi kegiatan yang dilakukan, mitra (ibu rumah tangga) di desa Bulila mendapatkan beberapa informasi terbaru tentang pemanfaatan singkong dalam pengolahan chicken nugget. Mitra juga dapat memanfaatkan singkong dalam pembuatan chicken nugget.

Referensi

Afrianti, M., Dwiloka, B., dan Setiani, B. E. 2013. Perubahan warna, profil protein, dan mutu organoleptik daging ayam broiler setelah direndam dengan ekstrak daun senduduk. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. 2 (3): 116-120.

Badan Standardisasi Nasional. 2002. SNI. 01-6683. Nugget Ayam. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Nisa, T. K. 2013. Pengaruh substitusi nangka muda (Artocarpus heterophyllus LMK) terhadap kualitas organoleptik nugget ayam. Food Science and Culinary Education Journal. 2 (1): 63-71.

Usmiati, S., dan Priyanti, A. 2012. Sifat Fisikokimia dan Palatabilitas Bakso Daging Kerbau. Lokakarya Nasional Usaha Ternak Kerbau Mendukung Program Kecukupan Daging Sapi: 149-165.

Wijayanti, D. A., Hintono, A dan Pramono, Y. B. 2013. Kadar protein dan keempukan nugget ayam dengan berbagai level subtitusi hati ayam broiler. Animal Agriculture Journal. 2 (1): 295-300.

Wulandari, E., Suryaningsih, L., Pratama, A., Putra, D. S., dan Runtini, N. 2016. Karakteristik fisik, kimia dan nilai kesukaan nugget ayam dengan penambahan pasta tomat. Jurnal Ilmu Ternak. 16 (2): 95-99.

Biografi Penulis

Fahrullah Fahrullah, Universitas Mataram

Mohamad Ervandi, Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Yusriyah Atikah Gobel, Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).