Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pemanfaatan Berugak Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Penulis

Yunita Arian Sani Anwar , Baiq Rahayu Kurniasih , Baiq Fitri Ayu Anjani , Zuyyina Kherawati , Bella Hasbi Aqza , Esa El Hawa Hawa , Ego Saputra , Efi Liani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2992

Diterbitkan:

2023-02-19

Unduhan

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa melalui program berugak literasi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 5 Mataram sebagai salah satu sekolah sasaran kegiatan kampus merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pra-pelaksanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap pra-pelaksanaan merupakan rancangan kegiatan dan sosialisasi dengan pihak sekolah. Tahap pelaksanaan meliputi pelaksanaan kegiatan dan analisis hasil terkait keberadaan berugak literasi. Hasil pengabdian menunjukkan penerapan berugak literasi memberikan dampak positif terhadap minat membaca siswa. Peningkatan lebih cenderung pada literasi baca dan numerasi. Literasi menulis, digital dan budaya belum menunjukkan perubahan. Saran kegiatan berikutnya adalah menyusun kegiatan yang dapat melatih literasi tulis, digital, dan budaya.  

 

Kata Kunci:

Berugak, Literasi baca, Literasi numerasi

Referensi

Bodner, G.E., & Macleod, C.M. (2016). The benefits of studying by production..and of studying production introduction to the special issue on the production effect in memory. Canadian Journal of Experimental Psychology, 70(2), 89-92.

Bouchrika, I. (2022). 10 Ways to Improve Your Reading Skills for College. https://research.com

Ditjen GTK Kemdikbud RI. (2022) Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Membaik. https:/radioedukasi.kemdikbud.go.id.

Iriantara, Y. (2017). Media literasi dan pendidikan karakter. Nusantara Education Review, 5(1), 12-21.

Kern, R. (2000). Literacy and Languange Teaching. Oxford University.

Menezes, H. (2012). Using digital storytelling to improve literacy skills. IADIS Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA), 299-301.

Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara Mengutip

Anwar, Y. A. S. ., Kurniasih, B. R. ., Anjani, B. F. A. ., Kherawati, Z. ., Aqza, B. H. ., Hawa, E. E. H., … Liani, E. . (2023). Pemanfaatan Berugak Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 65–69. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2992