Pemanfaatan Berugak Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.2992Diterbitkan:
2023-02-19Terbitan:
Vol 6 No 1 (2023): Januari - MaretKata Kunci:
Berugak, Literasi baca, Literasi numerasiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa melalui program berugak literasi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 5 Mataram sebagai salah satu sekolah sasaran kegiatan kampus merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pra-pelaksanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap pra-pelaksanaan merupakan rancangan kegiatan dan sosialisasi dengan pihak sekolah. Tahap pelaksanaan meliputi pelaksanaan kegiatan dan analisis hasil terkait keberadaan berugak literasi. Hasil pengabdian menunjukkan penerapan berugak literasi memberikan dampak positif terhadap minat membaca siswa. Peningkatan lebih cenderung pada literasi baca dan numerasi. Literasi menulis, digital dan budaya belum menunjukkan perubahan. Saran kegiatan berikutnya adalah menyusun kegiatan yang dapat melatih literasi tulis, digital, dan budaya.
Referensi
Bodner, G.E., & Macleod, C.M. (2016). The benefits of studying by production..and of studying production introduction to the special issue on the production effect in memory. Canadian Journal of Experimental Psychology, 70(2), 89-92.
Bouchrika, I. (2022). 10 Ways to Improve Your Reading Skills for College. https://research.com
Ditjen GTK Kemdikbud RI. (2022) Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Membaik. https:/radioedukasi.kemdikbud.go.id.
Iriantara, Y. (2017). Media literasi dan pendidikan karakter. Nusantara Education Review, 5(1), 12-21.
Kern, R. (2000). Literacy and Languange Teaching. Oxford University.
Menezes, H. (2012). Using digital storytelling to improve literacy skills. IADIS Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA), 299-301.
Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).