Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak Dan Edukasi Pola Asuh Pada Anak – Anak Disabilitas Di Yayasan Lombok Care

Penulis

Anak Agung Ayu Niti Wedayani , Titi Pambudi Karuniawaty , Putu Aditya Wiguna , Wayan Sulaksmana Sandhi Parwata , Nurul Ullyani , Ima Arum Lestarini

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.3091

Diterbitkan:

2024-06-20

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Tumbuh Kembang, Anak – anak dengan kecacatan, parenting

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wedayani, A. A. A. N., Karuniawaty, T. P., Wiguna, P. A., Parwata, W. S. S., Ullyani, N., & Lestarini, I. A. (2024). Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak Dan Edukasi Pola Asuh Pada Anak – Anak Disabilitas Di Yayasan Lombok Care. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 745–748. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.3091

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Masa tumbuh kembang adalah masa yang sangat penting, karena tumbuh kembang memengaruhi dan menentukan kemampuan anak kedepannya. Pada masa ini kemampuan motorik halus, motorik kasar, berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, kesadaran emosional, intelegensi dan perkembangan psikologis sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya. Kurangnya waktu Latihan, pengetahuan serta pemeriksaan karena tersedianya pelayanan yang minim untuk anak – anak dengan keterbatasan/kecacatan. Pemeriksaan secara langsung dan memberikan edukasi serta diskusi pada orang tua dan anak – anak dengan kecacatan. Pemeriksaan tumbuh kembang anak menjadi sangat penting dilakukan. Pengabdian Masyarakat dihadiri oleh 30 anak dan ruang pemeriksaan dibagi menjadi 5 ruangan dengan didampingi dengan fisioterapi yang disediakan oleh Yayasan Lombok Care. Peran orang tua juga menjadi penting untuk menjadikan kualitas hidup anak dengan kecacatan menjadi mandiri dan lebih baik, sehingga dilakukan juga pendampingan parenting dengan anak – anak berkebutuhan khusus/kecacatan.

Referensi

Anam, A. A., Rahman, F., & Trisnaningrum, D. A. (2021). Program Fisioterapi Berbasis Play Exercise untuk Perkembangan Motorik pada Anak dengan Delay Development: Studi Kasus. Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education IJOPRE, 2(2), 61–70.

Hendrawan, M. A., Hernawan, A. D., & Saleh, I. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak (Usia 4-6 Tahun) Di 6 Paud Desa Kuala Dua Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Durian. Sel Jurnal Penelitian Kesehatan, 8(1), 24–38.

https://doi.org/10.22435/sel.v8i1.4701

Hendrawati. (2018). Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) pada Anak Usia 0-6 Tahun. MKK, 1(1). https://doi.org/10.2419.

Irawan, F. R. (2019). Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al Ihsan Akbar Jakarta Timur Tahun 2019. Αγαη, 8(5), 55.

Ririn Muthia Zukhra, & Suci Amin. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 8–14.

Suprayitno, E., Yasin, Z., Kurniati, D., & Rasyidah. (2021). Peran Keluarga Berhubungan dengan Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Health Science, VI(II), 63–68.

Wahyuningrum, P., & Susanti, N. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Delay Development Dengan Halliwick Dan Neuro Development Treatment Underwater In Ypac Surakarta. Jurnal PENA, 35(1), 25–

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Anak Agung Ayu Niti Wedayani, Titi Pambudi Karuniawaty, Putu Aditya Wiguna, Wayan Sulaksmana Sandhi Parwata, Nurul Ullyani, Ima Arum Lestarini

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).