Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Ukm Pengusaha Kuliner Di Pantai Gading Kelurahan Tanjungkarang Kota Mataram

Penulis

Junaidi Sagir , H, Busaini , Muaidy Yasin , Suprianto , Abdul Manan , Helmi Fuadi , Wahyunadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.3125

Diterbitkan:

2024-07-03

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pengelolaan Keuangan, Pengusaha Kuliner, Pantai Gading.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sagir, J., H, Busaini, Yasin, M., Suprianto, Manan, A., Fuadi, H., & Wahyunadi. (2024). Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Ukm Pengusaha Kuliner Di Pantai Gading Kelurahan Tanjungkarang Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.3125

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan penyuluhan tentang pengelolaan keuangan dengan metode akuntansi kepada pedagang makanan kuliner di pesisir Pantai Gading kelureahan Tanjungkarang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan keuangan usaha mikro kecil secara Akuntansi Keuangan bagi usaha kuliner. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di lokasi usaha Kuliner pantai Gading Tanjungkarang, dimana , peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah pemilik/karyawan usaha kuliner makanan Yang ada di Lokasi pante Gading kelurahan Tanjungkarang Kota Mataram.. Materi penyuluhan berupan Akuntansi Keuangan itu penting bagi suatu Usaha, dengan maksud untuk: 1). Pengelolaan keuangan usaha untuk meminimalisasi Kelebihan Pengeluaran Usaha, 2). Mengetahui Untung atau Rugi Suatu Usaha, dan 3). Sebagai Strategi Usaha selanjutnya dalam mengembangkan usahanya kedepan, 4). Mencatat Pengeluaran dan pemasukan usaha  5). Membuat Buku Kas Utama.

Referensi

Achmad, Fandy. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rumah Makan Maibu Malang). Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Akbar, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Wisata Kampung Kidz Kota Batu). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Bachtiar. (2011). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.

Damardjati, R.S. (1995). Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Dwi Aliyyah Apriyani, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 51 No. 2 Oktober 2017.

Ermawati, Wahyu Putri. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Saboten Shokudo Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Stowe, L., & Johnston, D. (2010). Throw your napkin on the floor: Authenticity, culinary tourism, and a pedagogy of the senses. Australian Journal of Adult Learning , 52, Number 3.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Junaidi Sagir, H, Busaini, Muaidy Yasin, Suprianto, Abdul Manan, Helmi Fuadi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).