Pemanfaatan Sistem Informasi Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sistem Pendukung Untuk Kriteria Pendidikan IAPS 4.0 LAM-Teknik
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.3128Diterbitkan:
2023-02-09Terbitan:
Vol 6 No 1 (2023): Januari - MaretKata Kunci:
Evaluasi pembelajaran kriteria Pendidikan IAPS 4.0 LAM-Teknik , Flask framework, Agile Development.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Evaluasi merupakan tahapan penting untuk mengukur suatu ketercapaian kualitas pelaksanaan. Pada mitra kami, program studi Teknik Elektro Universitas Mataram, terdapat pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi salah satunya pelaksanaan pada aspek Pendidikan. Aspek Pendidikan ini mencakup proses pembelajaran untuk mahasiswa dan pengajaran oleh dosen. Dalam implementasinya, mitra telah melakukan pengukuran untuk evaluasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran dengan menyebar formulir kuisioner menggunakan survei elektronik, dengan memanfaatkan aplikasi layanan terbuka dari google cloud berupa google formulir kami singkat gform. Layanan gform ini mudah untuk digunakan. Dalam menggunakannya, evaluator akan membuat formulir berisikan daftar pertanyaan untuk diisi oleh mahasiswa. Setelah pengisian itu akan dilakukan rekapitulasi dan selanjutnya data akan terhimpun dalam format .xlsx atau .csv. Penggunaan gform sebagai alat bantu cukup efektik, hanya masih terdapat beberapa kebutuhan lainnya yang belum tersedia seperti fitur analisa data berdasarkan data periode waktu tertentu, terdapat potensi terjadi redundansi data karena tidak tersimpan pada sistem manajemen basisdata, dan belum tersedia pilihan analisa data secara statistik untuk kepentingan analisa data lebih lanjut. Karena itu dibutuhkan perangkat lunak lain sebagai alat bantu yang juga bersifat online menyerupai gform tadi, tetapi memiliki use-ability dan fungsionalitas terintegrasi lebih efektif sesuai ekspektasi pengguna. Aplikasi ini yang kami kembangkan berupa sistem informasi berbasis website yang dibangun menggunakan framework Flask-python sebagai kerangka sistem dan relasi manajemen basis data menggunakan MySql. Diperlukan perancangan secara sistematis hingga sistem direalisasikan dengan pendekatan Unified Modelling Language (UML). Aplikasi dengan versi standar ini telah disiapkan untuk digunakan oleh mitra sebagai keluaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sistem aplikasi ini telah digunakan oleh mitra dalam dua kali ujicoba pada evaluasi pembelajaran semester genap 2021/2022 dan semester ganjil 2022/2023. Aplikasi ini mendukung kriteria Pendidikan pada instrument akreditasi 4.0 Lembaga Akreditasi Mandiri kluster Teknik Perguruan Tinggi atau LAM-Teknik serta juga dapat dimanfaatkan oleh instansi Pendidikan lain sebagai alat bantu dalam mengukur ketercapaian evaluasi proses pembelajaran.
Referensi
Jansen, J.Karen, et all, 2007, E-Survey Methodology-Chapter 1, The Pennsylvania State University, USA.
Wiriasto, G. W., Misbahuddin, M., Iqbal, M. S., Rachman, A. S., Budiman, D. F., & Akbar, L. S. I. (2020). Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.523
Flask Development Server , https://flask.palletsprojects.com/en/1.1.x/server/.
Lampiran-lampiran Peraturan BAN-PT tahun 2019 mengenai Instrumen penyusunan LED (Laporan Evaluasi Diri), Penyusunan LKPS ( Laporan Kinerja Program Studi), Matriks Penilaian Indikator LED, Instrumen Assesment.
Peraturan BAN-PT Nomor 1 tahun 2020 tentak Juknis APS 4.0. Peraturan BAN-PT Nomor 2 Tahun 2019 tentang Akreditasi Prodi menggunakan IAPS 4.0 Standar 9-Kriteria
Peraturan Mendikbud Nomor 5 tahun2020 tentang Akreditasi Prodi-PT
T. Basaruddin, “Akreditasi di Kampus Merdekaâ€. slide presentasi Direktur BAN-PT tahun 2020.
Wikipedia,â€evaluasiâ€, https://id.wikipedia.org/wiki/Evaluasi , diakses pada 1 Desember 2022.
Permenristekdikti 44 tahun 2015, Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).