Pemetaan Geografis Sumber Mata Air Di Desa Tetebatu Selatan Untuk Pemanfaatan Pemukiman Dan Lahan

Penulis

Ahmad Jupri , La Ode M. Fradel D.A , Erna Auliya Ningrum , Siva Ulia Adnin , Wardatul Jannah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3133

Diterbitkan:

2023-02-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Tetebatu Selatan, Mata Air, Kualitas Air,Geografis

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., D.A, L. O. M. F., Ningrum, E. A. ., Adnin, S. U., & Jannah, W. . (2023). Pemetaan Geografis Sumber Mata Air Di Desa Tetebatu Selatan Untuk Pemanfaatan Pemukiman Dan Lahan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 158–161. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3133

Abstrak

Desa Tetebatu Selatan merupakan salah satu desa yang berada di kawasan kecamatan sikur, kabupaten Lombok timur yang memiliki banyak mata air karena berada di bawah kaki gunung rinjani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak dan kualitas air yang bersumber dari mata air sebagai kebutuhan penduduk di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan yang terdiri dari survey lokasi dan pendataan. Rangkaian survey yang dilakukan dengan cara : Pertama, melakukan survey ke setiap lokasi mata air yang ada di Desa Tetebatu Selatan yang digunakan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedua, melakukan pendataan mulai dari nama dan lokasi mata air serta untuk apa pemanfaatan air oleh warga setempat. Penduduk memanfaatkan air yang bersumber dari mata air untuk mandi, memasak, mencuci pakaian, air irigasi dan pertanian, peternakan, dan perikanan. Mata air (spring water) merupakan keadaan alami sumber daya air yang mengalir keluar dari akuifer menuju permukaan tanah sehingga menjadi sumber air bersih yang berguna untuk keperluan kehidupan masyrakat.

Referensi

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).