Aplikasi Teknologi Plasma Pada Pembibitan Mangrove di Dusun Cemara Lombok Barat

Penulis

yayuk yayuk , Mohammad Liwa Ilhamdi , Gito Hadiprayitno , Agil Al Idrus , Lalu Japa , Wahyudi , Muhammad Syazali

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3149

Diterbitkan:

2023-02-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Aplikasi, Teknologi Plasma, Mangrove

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

yayuk, yayuk, Ilhamdi, M. L., Hadiprayitno, G. ., Idrus, A. A. ., Japa, L. ., Wahyudi, & Syazali, M. . (2023). Aplikasi Teknologi Plasma Pada Pembibitan Mangrove di Dusun Cemara Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 162–166. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3149

Abstrak

Mangrove merupakan salah satu tumbuhan yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan  ekosistem pantai. Saat ini banyak lokasi pantai yang sudah rusak ekosistem mangrovenya, sehingga perlu rehabilitasi mangrove. Untuk menanam kembali mangrove perlu bibit yang baik agar mangrove dapat tumbuh dengan baik dari bibit sampai dewasa. Sekarang ini pembibitan mangrove yang dilakukan masyarakat masih tradisional dengan cara mengambil bibit dari tunas mangrove yang sudah jatuh ke tanah dan dipindahkan ke polibag untuk dipelihara sampai siap tanam pada tempat yang diinginkan. Cara ini memakan waktu yang cukup lama dalam mendapatkan bibit mangrove. Salah satu teknologi untuk mengatasi masalah waktu yang lama dalam pembibitan mangrove adalah teknologi plasma. Penggunaan teknologi tersebut dalam kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk (1) meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pembibitan mangrove (2) mengimplementasikan penggunaan teknologi plasma dalam melakukan pembibitan mangrove. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyampaian teori dan praktek yang disampaikan oleh tim pengabdian dan  diikuti oleh kelompok masyarakat petani pembibitan mangrove di dusun Cemara kecamatan Lembar Lombok Barat. Hasil kegiatan pengabdian adalah semua peserta yang terdiri dari perwakilan kelompok tani mangrove sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.  masyarakat mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam pembibitan mangrove dengan menggunakan teknologi plasma. Kesimpulan   para petani mangrove dapat mengaplikasikan teknologi plasma dengan benar dalam pembuatan bibit mangrove.

 

Referensi

Agil Al Idrus, Gito Hadiprayitno, M. Liwa ILhamdi, Gde Mertha, 2014, Inventarisasi Flora Dan Fauna Di Kawasan Mangrove Gili Sulat Untuk Pengembangan Bahan Ajar Ekologi Dan Penunjang Ekowisata NTB, Laporan Penelitian, Unram, Mataram

Arief, 2007. Hutan Mangrove, Fungsi dan Manfaatnya, Kanisius, Yogyakarta.

Nur, M., Nasruddin, Wasiq, J., & Sumariyah. 2013. Penerapan Teknologi Plasma untuk Mempercepat Persemaian Mangrove sebagai Upaya Rehabilitasi Green Belt untuk Mengatasi Abrasi. Riptek Vol. 7 (1): 15 – 26.

Nybakken, J.W. 1993. Marine Biology: An Ecological Approach. Terjemahan Dr. M. Eidman. Gramedia Jakarta.

Santoso, N. 2000. Pola Pengawasan Ekosistem Mangrove. Makalah disampaikan pada Lokakarya Nasional Pengembangan Sistem Pengawasan Ekosistem Laut Tahun 2000. Jakarta, Indonesia.

Setyawan, A.D., Kusumo. W., Purin, C.P. 2004. Ekosistem mangrove di Jawa:2. Restorasi. Biodiversitas 5(2):105-118.

Biografi Penulis

yayuk yayuk, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).