Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Usaha Produk Olahan Sapi dan Kerbau

Penulis

Siti Sriningsih , Siti Fatimah , Gusti Ayu Arini , Baiq Saripta Wijimulawiani , Himawan Sutanto , Irwan Suriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.3151

Diterbitkan:

2024-08-29

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Manajemen SDM, Produk olahan sapi dan kerbau, Lingkungan Seganteng

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sriningsih, S., Fatimah, S., Arini, G. A., Wijimulawiani, B. S., Sutanto, H., & Suriadi, I. (2024). Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Usaha Produk Olahan Sapi dan Kerbau. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 961–967. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.3151

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat bertujuan untuk membantu mitra dalam mengelola SDM pengusaha dan Pekerja produk olahan sapi dan kerbau yang lebih modern dan unggul dengan penerapan manajemen SDM seperti manajemen SDM dalam sistem penggajian, reward and punismen terutama dalam meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dari pekerja yang memiliki SDM yang unggul pada usaha olahan sapi dan kerbau. Target khusus program PPM Kemitraan ini yaitu menerapkan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang modern pada usaha olahan sapi dan kerbau dengan tujuan untuk menambah kualitas produk melalui peningkatan SDM pengusaha dan pekerja yang unggul. Metode dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini melalui kegiatan pelatihan, penyuluhan serta pendampingan. Pengabdian Pada Masyarakat ini memiliki beberapa kegiatan : (1) pelatihan dan penyuluhan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang unggul, (2) pelatihan penerapan manajemen SDM seperti pelatihan dan .pengembangan pegawai, sistem penggajian yg baik, penerapan reward and punisment usaha olahan sapi dan kerbau. Hasil dari Pengabdian pada masyarakat ini pada usaha produk olahan sapi dan kerbau menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagian besar kelompok usaha produk olahan sapi dan kerbau di lingkungan seganteng telah memahami penerapan manajemen SDM untuk dapat menambah produktivitas dari pegawai pada kelompok usaha kerupuk kulit sapi dan kerbau.

Referensi

Gunarsa & Yuyun.A. 2011. Cerdas mengemas produk makanan dan minuman. Cetakan pertama. Agromedia Pustaka. Jakarta

Subanar.1998. Manajemen Usaha Kecil. Edisi Pertama. BPFE Universitas Gadjah Mada. Jogjakarta.

Umar, Husain. 2003. Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Susanti, Ariani. Modul pelatihan umkm.Direktorat jenderal industry kecil dan menengah Departemen Perindustrian.Mataram tahun 2008

Biografi Penulis

Siti Sriningsih, Universitas Mataram

Himawan Sutanto, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Siti Sriningsih, Siti Fatimah, Gusti Ayu Arini, Baiq Saripta Wijimulawiani, Himawan Sutanto, Irwan Suriadi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).