Penyuluhan Tentang Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur

Penulis

Rusminah HS , Hilmiati , M.Ilhamudin , Wahyunadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3160

Diterbitkan:

2023-02-13

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Merintis Usaha, Model Pengembangan, Desa Kerumut

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

HS, R. ., Hilmiati, M.Ilhamudin, & Wahyunadi. (2023). Penyuluhan Tentang Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 38–41. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3160

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang cara untuk merintis usaha baru dan model pengembangannya, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat dikembangkan dan menjadi usaha yang akan menopang kehidupan mereka. Metode yang  digunakan dengan ceramah dan tanya jawab. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2022.  Peserta adalah para pemuda yang ada di desa Kerumut. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diawali dengan penyampaian materi oleh tim pengabdian. Struktur materi disusun secara praktis dan sederhana, sehingga mudah dimengerti dan diimplementasikan. Materi - materi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah cara merintis usaha dan model pengembangannya. Antusiasme peserta dalam kegiatan pengabdian ini sangat tinggi, ini dapat dilihat dari keaktifan para peserta di dalam mengajukan pertanyaan- pertanyaan.

Referensi

Gitosudarmo. 1996. Pengantar Bisnis Modern Edisi 2, PT. BPFE, Yogyakarta. Mansur

MH, dkk, 1989. Bimbingan Bisnis, Penerbit CV. Bintang Remaja, Surabaya.

Rhenal D Kasali, dkk, 2010. Modul Kewirausahaan, Rumah Perubahan. Jakarta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).