PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BATU TERING, KABUPATEN SUMBAWA MELALUI PRODUK MINHE

Penulis

Mega Trishuta Pathiassana

Diterbitkan:

2023-06-12

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Batu Tering, Sumbawa, Minuman, Herbal, PKK

Artikel

Cara Mengutip

Pathiassana, M. T. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BATU TERING, KABUPATEN SUMBAWA MELALUI PRODUK MINHE . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/3169

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Desa Batu Tering, Kabupaten Sumbawa dengan memanfaatkan potensi unggulan di wilayahnya, yaitu bahan-bahan atau tanaman herbal. Kegiatan pemberdayaan tersebut, meliputi pelatihan pembuatan minuman herbal yang diberi merek Minhe, serta pelatihan manajemen keuangan dan pemasarannya. Selain pelatihan, masyarakat juga tetap didampingi hingga mereka memiliki desain kemasan yang baku dan mitra untuk memasarkan produk Minhe tersebut. Peserta pelatihan dimulai dari para ibu rumah tangga di wilayah desa yang merupakan anggota PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang dipimpin oleh Ibu Kepala Desa (Kades) Batu Tering. Pelatihan disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi, kemudian melibatkan para peserta dalam beberapa pameran produk yang digunakan untuk memotivasi mereka untuk terus berproduksi secara berkelanjutan. Hasil kegiatan menunjukan bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan penambahan pemasukan bagi para peserta dan produk semakin dikenal, khususnya oleh masyarakat Sumbawa.

Referensi

Abbas, A. (2020). Potensi Pangan Fungsional Dan Perannya Dalam Meningkatkan Kesehatan Manusia Yang Semakin Rentan—Mini Review. Teknosains: Media Informasi Sains Dan Teknologi, 14(2), 176–186. https://doi.org/10.24252/teknosains.v14i2.14319.

Alqamari, M., Tarigan, D. M., & Alridiwirsah. (2017). Budidaya Tanaman Obat dan Rempah (M. O. Mulya (ed.)). UMSU Press. https://publication.umsu.ac.id/index.php/ht/article/download/625/584.

Batubara, I., & Prastya, M. E. (2020). Potensi Tanaman Rempah dan Obat Tradisional Indonesia Sebagai Sumber Bahan Pangan Fungsional. Seminar Nasional Lahan Suboptimal Ke-8 Tahun 2020, October, 978–979.

Bupati Sumbawa. (2017). Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa No. 12 Tahun 2017 (p. 18).

Disporabudpar Kabupaten Sumbawa. (2017). Situs Bersejarah Benda Cagar Budaya Tak Bergerak. https://www.sumbawakab.go.id/situs-bersejarah.html.

Hamid, H. (2016). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat (T. S. Razak (ed.)). De La Macca.

Kusumayanti, H., Triaji, R., & Bagus, S. (2018). Pangan Fungsional Dari Tanaman Lokal Indonesia. Metana, 12(01), 26–30. https://doi.org/10.14710/metana.v12i1.17512.

Saharuddin, R. R., Aulia, N., & Batara, A. (2021). Potensi Rempah-Rempah sebagai Minuman Fungsional Sumber Antioksidan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal ABDI, 3(1), 30–42.

Werdhasari, A. (2014). Peran Kesehatan. Jurnal Biotek Medisiana Indonesia, 3(2), 59–68.

Biografi Penulis

Mega Trishuta Pathiassana, Universitas Teknologi Sumbawa

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).