Penerapan Prokes dalam Rangka Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal pada Siswa SMPN 19 di Kelurahan Dasan Cermen Kota Mataram

Penulis

Gusti Ayu Sri Pujawanis W , Sitti Rusdianah Jafar , Mas’adah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3187

Diterbitkan:

2023-02-21

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

prokes, new normal, pembelajaran tatap muka

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Pujawanis W, G. A. S. ., Jafar, S. R., & Mas’adah. (2023). Penerapan Prokes dalam Rangka Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal pada Siswa SMPN 19 di Kelurahan Dasan Cermen Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 70–78. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3187

Abstrak

Setiap orang berpotensi  terinfesi virus Covid-19. Penularannya melalui droplet atau percikan dari mulut atau hidung penderita  saat bersin, batuk atau berbicara. Untuk mencegah penularan  perlu edukasi  penerapan protocol kesehatan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada siswa SMP 19  tentang penerapan protocol dalam rangka persiapan penelajaran tatap muka di era new normal  untuk mencegah penularan virus Covid-19, karena siswa sekolah sudah mulai diaktifkan kembali pembelajaran tatap muk. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah SMPN 19 yang terletak di Kelurahan Dasan Cermen Kota Matarami dengan  melibatkan 25 siswa. Metode  ceramah dan demostrasi, dengan materi   tentang gejala covid, cara transmisi, cara pencegahan, dan demosntrasi  6 langkah mencuci tangan dan cara pengunaan masker yang benar. Media lembar balik dan booklet sebagai alat bantu dalam penyampian materi. Untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa diberikan pre test dan post test, sedangkan untuk mengukur keterampilan dilakukan observasi redemonstrasi 6 langkah mencuci tangan dan penggunaan masker yang benar. Hasil  menunjukkan setelah edukasi semua siswa mengetahui tentang covid-19. Tingkat pemahaman siswa tentang protocol kesehatan saat pembelajaran tatap muka meningkat menjadi 98%. Keterampilan siswa mengalami peningkatan menjadi 98%, tingkat partisipasi siswa dalam melaksanakan vaksinasi yang lengkap 80%. Hasil pendampingan siswa menunjukkan sebagian besar siswa sudah mengetahui dan memahami tentang Protokol kesehatan pembelajaran tatap muka di era new normal, namun pada tingat peneraoan masih ada beberapa mereka lalai dalam penggunaan masker. Hasil FGD saran dari siswa agar kegiatan edukasi berupa penugasan, siswa mencari materi selanjutnya presentasi kelompok, mereka lebih nyaman,  suasana pelatihan lebih hidup dan  mempunyai kesempatan  mencari materi sendiri

Referensi

Atmojo, J. T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., Syujak, A. R., Nugroho, P., Putra, N. S., Nurrochim, N., Wahyudi, W., Setyawan, N., Susanti, R. F., Suwarto, S., Haidar, M., Wahyudi, W., Iswahyudi, A., Tofan, M., Bintoro, W. A., … Mubarok, A. S. (2020). Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini. Avicenna : Journal of Health Research, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.36419/avicenna.v3i2.420

Fatimah, S. (2017). Pembelajaran di Era New Normal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fitriasari, E. (2021). Sosialisasi Penggunaan Masker Sebagai Upaya Penerapan Protokol Kesehatan Di Masyarakat Desa Kairatu. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(2), 8–10. https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.16

Hairunisa, N., & Amalia, H. (2020). Review: penyakit virus corona baru 2019 (COVID-19). Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 90–100. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.90-100

Jafar, S. R., Mas’adah, & Pujawanis W, G. A. S. (2022). Pendampingan Kader Melalui Kampanye Protokol Kesehatan 5M Pada Ibu Ibu Rumah Tangga dan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 357–364. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2213

Jafar Sitti, R. M. M. M. W. G. A. S. (2021). Pelatihan kader dalam penerapan protokol kesehatan 5 m untuk mencegah penularan COVID-19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 146–153.

Kemenkes RI. (2020). Buku pedoman RT RW pencegahan COVID. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Makmun, A., & Hazhiyah, S. F. (2020). Tinjauan terkait Pengembangan Vaksin Covid-19. Molucca Medica, 13, 52–59.

Margiyati, M., Sari, N. W., Arifirohwati, L., Pattola, R. H., Dwiyanti, R., Widiyanti, V. Y., & Rahmawati, V. (2019). Pelatihan Konselor Sebaya sebagai upaya meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Remaja di SMP Islam Nurul Huda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sisthana, 1(2), 60–66.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (cetakan pe). PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi (ketiga). PT. Rineka Cipta.

Prastyowati, A. (2020). Mengenal Karakteristik Virus SARS-CoV-2 Penyebab Penyakit COVID-19 Sebagai Dasar Upaya Untuk Pengembangan Obat Antivirus Dan Vaksin. BioTrends, 11(1), 1–10.

Puteri, K. E., Wiranti, K., Ziliwu, Y. S., Elvita, M., Frare, D. Y., Purdani, R. S., & Niman, S. (2021). Kecemasan Masyarakat akan Vaksinasi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(3), 539–548.

Release, P., Barat, N. T., Layar, K. B., Praya, K., & Kilo, K. (2021). Sekretariat daerah. 12, 1–6.

Rosidin, U., Eriyani, T., & Sumarna, U. (2019). Pelatihan Kader Kesehatan sebagai Upaya Sosialisasi RW Sehat. Media Karya Kesehatan, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.24198/mkk.v2i1.19952

Sekeon, F. M., Rumayar, A. A., & Tucunan, A. A. T. (2021). Gambaran Perilaku Masyarakat Terhadap Pencegahan Corona Virus Diseases (Covid 19) Di Lingkungan Iii Kelurahan Tingkulu Kota …. Kesmas, 10(1), 105–111.

Susilawati, E., Khaira, I., & Afrida, W. (2022). Edukasi Kesadaran Siswa Terhadap Pencegahan Penyebaran Varian Omicron Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.267

Susilo, A., Jasirwan, C. O. M., Wafa, S., Maria, S., Rajabto, W., Muradi, A., Fachriza, I., Putri, M. Z., & Gabriella, S. (2022). Mutasi dan Varian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 9(1), 59. https://doi.org/10.7454/jpdi.v9i1.648

Syah, D. Z. R., Utari, D., & ... (2020). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’Minin …. Jurnal Pengabdian …, 2(2), 28–33.

Togibasa, O., Hutajulu, P. T., & Cenderawasih, U. (2021). Masa Pandemi Covid-19 Bagi Sekolah.

Untari, S., & Hirmaeati, L. (2021). Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Covid-19 di Desa Mayahan. JIKA, 5(2), 20–24.

Utami, R. A., Mose, R. E., & Martini, M. (2020). Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 di DKI Jakarta. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 68–77. https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.85

Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107

Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 242–248.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).