Optimalisasi Limbah Rumah Tangga Dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Perian

Penulis

Zulhan Ozi Firmanu , Muhammad Abdurrahman Fardiaz , Armadani Saputra , Eka Adithya Altri Cahya , Ferona Puan Rusmadina , Nining Fuji Diar , Sofhia Aldira , Arni Raudina Safitri , Sri Apitalia , Maula Fatihal Ikhlas , Kosim

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3204

Diterbitkan:

2023-02-27

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

limbah organik, fermentasi, pupuk organik cair

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Firmanu, Z. O., Fardiaz, M. A., Saputra, A. ., Cahya, E. A. A. ., Rusmadina, F. P. ., Diar, N. F. ., … Kosim. (2023). Optimalisasi Limbah Rumah Tangga Dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Perian. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 228–231. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3204

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, kelompok mahasiswa Universitas Mataram melaksanakan berbagai kegiatan salah satunya mengubah limbah rumah tangga yaitu limbah organik berupa sayur dan buah-buahan menjadi pupuk organik cair. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengurangi limbah organik, memanfaatkan limbah organik menjadi barang berharga, dan membantu penyuburan tanaman. Metode yang digunakan dalam pembuatan pupuk organik cair ini adalah fermentasi dengan cara mencampurkan limbah organik berupa limbah sayur dan buah-buahan dengan air cucian beras, molase, dan EM4. Setelah itu difermentasi selama 2 minggu hingga dihasilkan pupuk organik cair. Hasil kegiatan ini adalah pupuk oraganik cair yang telah mengalami pengujian sederhana yang dapat menyuburkan tumbuh tanaman. Hasil kegiatan di atas menunjukkan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab beberapa masalah yang ada di desa Perian terkait jumlah limbah organik yang dihasilkan, pengelolaan limbah organik, dan penyuburan tanaman.

Referensi

Hadisuwito, S. (2007). Membuat Pupuk Kompos Cair. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka.

Handayanto, E., Muddarisna, N., & Fiqri, A. (2017). Pengelolaan Kesuburan Tanah. Malang: UB Press.

Hardjadi, S. (2019). Dasar Dasar Agronomi. Jakarta: Gramedia.

Linggga, P., & Marsono. (2008). Petunjuk Penggunaan Pupuk. Bandung: Penebar Swadaya.

Munawar, A. (2011). Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. Bogor: IPB Press.

Nur, T., Noor, A. R., & Elma, M. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator Em4. Konversi, 5-7.

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB, 57.

Yuwono, T. (2006). Kecepatan Dekomposisi dan kualitas Kompos Sampah Organik. Jurnal Inovasi Pertanian, 5.

Biografi Penulis

Zulhan Ozi Firmanu, Universitas Mataram

Muhammad Abdurrahman Fardiaz, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).