Pemanfaatan Buah Mangrove Menjadi Kopi Mangrove di Bale Mangrove Potonbako Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Muhammad Humam Saiful Jihadi , Badriansyah , Siti Rostiana , Shofia Fatma Utami , Irma Dwi Sofiani , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3243

Diterbitkan:

2023-02-23

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Produk Mangrove; Kopi Mangrove

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jihadi, M. H. S. ., Badriansyah, Rostiana, S. ., Utami, S. F. ., Sofiani, I. D., & Syukur, A. (2023). Pemanfaatan Buah Mangrove Menjadi Kopi Mangrove di Bale Mangrove Potonbako Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 150–153. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3243

Abstrak

Hutan mangrove memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi kehidupan masyarakat pesisir. Upaya pemanfaatan ekosistem hutan mangrove tersebut tentu perlu pengetahuan yang memadai agar kelestarian dan keberadaan hutan mangrove tetap terjaga. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk mengedukasi dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam memanfaatkan buah mangrove menjadi kopi mangrove. Metode yang digunakan yakni pemberian teori tentang tahapan pembuatan kopi mangrove serta tanya jawab langsung. Dari pelaksanaan kegiatan diperoleh hasil bahwa peserta memperoleh pemahaman tentang pengolahan buah mangrove menjadi kopi mangrove. Diharapkan produk ini menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar pesisir pantai di Bale Mangrove Potonbako Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Referensi

Hasan, W., Hatta, A. S., Winowoda, G. S. W., Pontoh, M. R. A., Pakaya, A. P. M., Nteseo, F., Thalib, N., Djalilu, Y., Pakaya, Z., Ishak, R., dan Porogoi, R. 2022. Pemanfaatan Buah Mangrove Menjadi Kopi Mangrove di Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. Vol. 2(3): 801-806.

Miranti, D. I., Ichiura, H., dan Ohtani, Y. 2018. The Bioactive Compounds and Antioxidant Activity of Food Products of Rhizophora stylosa Fruit (Coffe and Tea Mangrove). International Journal of Forestry Research. 1-6.

Nusaibah., Putri, C. M., Pangestika, W., dan Luthfiyana, N. 2022. Pemanfaatan Buah Bakau Rhizophora sp. dan Sonneratia sp. Sebagai Bahan Baku Kopi Analog. Jurnal Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. Vol. 25(2): 185-201.

Sukma, R. N., dan Zahro., M. 2020. Effect Utilization Mangrove Rhizophora sp Fruit Extract in Production of Coffe Powder in Perspective of Water Content and Organoleptic Test. Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumberdaya Perairan. Vol.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).