Meningkatkan Pengetahuan dan Rasa Ingin Tahu Anak-Anak di Desa Giri Tembesi Melalui Program Literasi dan Numerasi

Penulis

Riamelinda Harmonis , Komang Ayu Mertasari , Dea Yolanda Aulia , Fitri Ramdani , Reni Anggriani , Mohamad Mustari

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3245

Diterbitkan:

2023-02-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pendidikan, Bimbingan Belajar, Literasi dan Numerasi.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Harmonis, R. ., Mertasari, K. A. ., Aulia , D. Y. ., Ramdani, F. ., Anggriani, R. ., & Mustari, M. . (2023). Meningkatkan Pengetahuan dan Rasa Ingin Tahu Anak-Anak di Desa Giri Tembesi Melalui Program Literasi dan Numerasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 173–178. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3245

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa dibawah bimbingan Perguruan Tinggi adalah program pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berisikan butir pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Mahasiswa KKN-PLP Universitas Mataram membuat program literasi & numerasi yang diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan rasa ingin tahu anak-anak di Desa Giri Tembesi. Program literasi dan numerasi ini dikembangkan oleh mahasiswa KKN-PLP dengan sasaran anak-anak Sekolah Dasar di Desa Giri Tembesi. Kegiatan literasi dan numerasi ini dilakukan setiap tiga kali dalam satu minggu, yaitu pada Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Hari Selasa diisi dengan kegiatan literasi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Inggris dimulai dengan vocabulary yang kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia berupa story telling. Hari Kamis diisi dengan numerasi Matematika ceria yang dimulai dengan penjumlahan & pengurangan bersusun serta perkalian cepat & pembagian. Hari Sabtu diisi dengan eksperimens sains (IPA) yang menggunakan konsep-konsep dasar IPA Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan eksperimen ini diisi dengan bagaimana menerapkan ilmu pembelajaran yang didapatkan di sekolah ke dalam kehidupan nyata. Selama dilakukannya kegiatan literasi dan numerasi ini mahasiswa KKN-PLP menemukan adanya hambatan-hambatan seperti ada beberapa anak yang kurang interaktif pada saat materi disampaikan  karena jenjang pendidikan yang berbeda sehingga materi yang dipelajari pun berbeda sehingga kurang efektif jika disamakan untuk dipelajari dalam waktu yang bersamaan. Hal ini menjadi catatan untuk kelompok KKN – PLP Universitas Mataram untuk lebih menyamaratakan pola pembelajaran dengan cara membagi tugas antara masing-masing mahasiswa untuk turun tangan mengajarkan anak-anak di Desa Giri Tembesi ini pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing agar tujuan diadakannya literasi dan numerasi ini terwujud.

Referensi

Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, A., ... & Maulida, M. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya, 3(2), 37-41.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Irawanto, A., Elissa, K., & Gustika, M. (2022, October). Peningkatan Literasi, Numerasi, Dan Kreativitas Dengan Bercerita. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. (Online), (http://gln.kemdikbud.go.id).

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Sakdiyah, H. (2022). Kenalkan Literasi dan Numerasi pada Anak Usia Dini Lewat Bermain Sambil Belajar. (Online), https://ppid.bogorkab.go.id/?p=207&page_title=Kenalkan_Literasi_Dan_Numerasi_Pada_Anak_Usia_Dini_Lewat_Bermain_Sambil_Belajar.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20-32.

Syardiansah. (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. :Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN 2017, 7(1) 57.

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran kampus mengajar dalam meningkatkan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik sekolah dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284-292.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).