Sosialisasi Pelaksanan Kegiatan Magang-MBKM di Instansi Pelatihan Robotika Bagian Robotic Troubelshoting Center

Penulis

Sopyan Roni , Giri Wahyu Wiriasto , Misbahuddin , A. Sjamsjiar Rachman

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3264

Diterbitkan:

2023-04-24

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Magang-MBKM, pelatihan robotika

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Roni, S., Wiriasto, G. W., Misbahuddin, & Rachman, A. S. (2023). Sosialisasi Pelaksanan Kegiatan Magang-MBKM di Instansi Pelatihan Robotika Bagian Robotic Troubelshoting Center. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 194–200. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3264

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Magang - Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu program pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan serta pengalaman praktis mengenai kegiatan riil di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja yang dilaksanakan selama satu semester untuk bekal memasuki dunia kerja. Pembelajaran dilakukan selama kurang lebih 5 bulan dimulai dari tanggal  24 Agustus 2022 sampai dengan 20 Februari 2023. Kegiatan utama antara lain mengajar robotik, diantaranya ialah mengajar ekstrakulikuler di berbagai sekolah mulai dari TK/sederajat, SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat. Mengajar privat dan reguler. Kegiatan ToT (training of trainer) dimana kegiatan ini merupakan mengajar seseorang untuk menjadi seorang trainer yang diikuti oleh guru-guru dari berbagai sekolah. Kemudian terdapat kegiatan workshop yang biasa diikuti oleh guru-guru, mahasiswa, siswa, hingga umum. Service sarana mengajar antara lain Arduino, NodeMCU, MRT-X, Node, MRT 5, MRT 3, MRTduino, Smartoding, sensor infrared, ultrasonik dan buzzer. Dengan bimbingan mitra industri dan dosen, proses magang telah berjalan dengan baik dan mendapatkan konversi matakuliah 20 sks.

Referensi

Kemdikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Patmaningrum, Agustin, dkk. 2022. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk Sebagai Upaya untuk Menciptakan Mahasiswa yang Berkualitas. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, (1), 17: 119-129.

Budi Istanto, Khoirul Anwar, dan Amri Arfani. 2018. “Pengenalan Robotika pada Anak Usia Diniâ€. Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018.

Wiriasto, G. W., Misbahuddin, M., Iqbal, M. S., Rachman, A. S., Budiman, D. F., & Akbar, L. S. I. (2020). Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9- Standar dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.523

Biografi Penulis

Sopyan Roni, universitas Mataram

Giri Wahyu Wiriasto, Prodi Teknik Elektro Universitas Mataram

Misbahuddin, Universitas Mataram

A. Sjamsjiar Rachman, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).