Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Pertanian Organik Sistem Polybag Di Halaman Pekarangan Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Candra Ayu , Kindran Raudaty , M. Robial Yasin , Baiq Regina Rahmayani , Rifaldy Indrayana

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3266

Diterbitkan:

2023-02-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Desa Lepak, Pupuk Organik, Polybag

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ayu, C. ., Raudaty, K. ., Yasin, M. R. ., Rahmayani, B. R. ., & Indrayana, R. (2023). Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Pertanian Organik Sistem Polybag Di Halaman Pekarangan Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 196–201. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3266

Abstrak

Desa Lepak merupakan salah satu desa di Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur yang sebagian besar wilayahnya merupakan pertanian lahan kering. Selain itu, produktivitas pertaniannya juga rendah sehingga pendapatan petani rendah dan kekurangan modal untuk mengadopsi pemupukan secara optimal. Hal ini berarti pada musim kemarau (musim tanam III) masyarakat petani di Desa Lepak tidak bekerja di lahannya. Pelaksanaan KKN mahasiswa Universitas Mataram di Desa Lepak bertujuan untuk Pengembangan Pertanian Organik Sistem Polybag di Halaman Pekarangan yang didukung oleh kegiatan utama yakni pembuatan pupuk organik. Dengan program ini maka secara strategis dapat memotivasi masyarakat tani untuk melakukan pengembangan pertanian organik di lahan pertaniannya serta mengoptimalkan sumber daya tenaga kerja yang menganggur pada musim tanam III. Dampak jangka panjang jika masyarakat mengadopsi secara berkelanjutan adalah meningkatnya kesuburan dan produktivitas pertanian lahan kering dan pendapatan petani.

 

Referensi

Hartatik, W., Hussain, & Widowati, L. R. (2015). Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman. In Jurnal Sumberdaya Lahan, 9 (2), 107–120.

lepak.desa.id. Website Resmi Desa Lepak. Diakses pada 16 Februari 2023, dari https://www.lepak.desa.id/data-wilayah

Saragih Evi Warintan, Purwanigsih, P., Noviyanti, & Angelina Tethool. (2021). Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Ternak untuk Tanaman Sayuran. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1465–1471. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.5534

Tanti, N., Nurjannah, N., & Kalla, R. (2020). Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Cara Aerob. ILTEK : Jurnal Teknologi, 14(2), 2053–2058. https://doi.org/10.47398/iltek.v14i2.415

Zuliatin, I., & Chusnah, M. (2021). Penerapan Kombinasi Pupuk Organik Mineral G-Lite dan Pupuk Kimia terhadap Pertumbuhan Tanaman Padi (Oryza sativa L.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).