Penerapan Paradigma Kewirausahaan Berbasis Crisis Management Pada Usaha Kuliner Menghadapi Pandemi Corona
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.3287Diterbitkan:
2023-02-26Terbitan:
Vol 6 No 1 (2023): Januari - MaretKata Kunci:
Paradigama Kewirausahaan, Crisis Management, Usaha kulinerArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Sebagai salah satu ikon kuliner di NTB, Usaha nasi Sukaraja telah mengalami perkembangan selama beberapa puluh tahun. Namun, ditengah situasi pandemic virus korona (COVID-19) menjadi permasalahan yang serius dan dan ujian sulit untuk mempertahankan keberlangsungan usahanya. Kekhawatiran atau kepanikan masyarakat terhadap bahaya penularan virus serta penyesuaian tatanan kehidupan baru (new normal) juga menjadi fenomena ditengah situasi pandemic ini. Kewajiban melakukan pembatasan sosial dan fisik, membuat para konsumen tidak dapat leluasa berkunjung ke warung. Beberapa konsumen cenderung lebih memilih melakukan stock-up mengkonsumsi makanan instant atau beralih pada masakan rumahan yang diolah sendiri. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, maka solusi yang ditawarkan dengan membekali pelaku usaha kuliner melaui edukasi dan training melalui penerapan paradigma kewirausahaan yang berbasis manajemen krisis. Kemanfaatan nyata setelah kegiatan pembekalan ini adalah terwujudnya pelaku usaha kuliner yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan business skills untuk mendukung kapabilitas dan kompetensi usaha di masa pandemic. Dengan mengintroduksi business strategy models yang efektif melalui inovasi konsep bisnis seperti delivery project concept, product innovation, serta marketing strategy.
Referensi
Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 220–234.
Fathara, R. N., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Strategi Model Bisnis UMKM Kuliner untuk Bertahan di Era COVID-19. Bahtera Inovasi, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/bi.v4i2.3434
Perkasa, G. (2020). Berubahnya Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Kompas. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/20/132308820/berubahnya-bisnis-kuliner-di-masa-pandemi-covid-19?page=all
Praszkier, R., & Nowak, A. (2011). Social entrepreneurship: Theory and practice. Cambridge University Press.
Sudarko, S., & Tjitropranoto, P. K. (2018). Telaah Perubahan Paradigma Kewirausahaan dari Perspektif Inovasi Ekonomi dan Sosial. Jurnal Ilmiah Respati, 9(2), 1–11.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).