PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA PADA KEGIATAN AGROINDUSTRI STIK DAUN TURI (SESBANIA GRANDIFLORA)

Penulis

Wuryantoro , Deslin Sarmitha Bardayanti , Sista Eliyani Putri , Hafifah Namira , Tiara Mutmainah , Ainunnisa Azzahra , Ainunnisa Azzahra , Baiq Khairunnisa , Titin , Lauhil Bariyah , Zuhal Baedawi , M. Alfian Mahdani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3311

Diterbitkan:

2023-03-03

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pemberdayaan , Ibu rumahtangga, Daun turi, Agroindustri

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wuryantoro, Bardayanti, D. S. ., Putri, S. E. ., Namira, H., Mutmainah, T. ., Azzahra, A. ., … Mahdani, M. A. . (2023). PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA PADA KEGIATAN AGROINDUSTRI STIK DAUN TURI (SESBANIA GRANDIFLORA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 253–257. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3311

Abstrak

Masyarakat Desa Lepak Timur di Kecamatan Sakra Timur dominan berprofesi sebagai petani. Melalui kegiatan survei pendahuluan permasalahan permasalahan yang kerap ditemukan di desa tersebut yaitu masyarakat belum mampu membuat produk olahan dengan berbahan baku daun turi yang terbilang tumbuh banyak di sekitar persawahan dan hanya dijadikan sebagai pakan ternak. Daun turi atau dalam bahasa latin Susbania Grandiflora adalah jenis tanaman dalam suku Fabaceae, merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat dengan kandungan berbagai metabolit sekunder yang merupakan bahan kimia bioaktif, yang merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberdayakan ibu rumah tangga dalam agroindustri berbahan baku daun turi. Metode kegiatan menerapkan konsep integrasi antara metode ceramah (penyuluhan) dengan praktik langsung melibatkan ibu rumahtangga.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para peserta menunjukkan respon yang cukup baik, serta berpartisipasi secara aktif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengabdian, mulai dari kegiatan sosialisasi sampai kegiatan praktek.  Terjadi  peningkatan tidak saja pada  aspek kognitif dan afektif namun juga pada aspek psikomotorik, dimana terjadi peningkatan pengetahuan para peserta tentang pembuatan stik daun turi, kegiatan pengemasan serta kegiatan pemasaran. Para peserta juga memahami bahwa kegiatan agroindustri stik daun turi selain  untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi sekaligus dapat menambah pendapatan keluarga.

Referensi

Bhoumik, D., Berhe, A. H., & Mallik, A. (2016). Evaluation of Gastric Anti-Ulcer Potency of Ethanolic Extract of Sesbania grandiflora Linn Leaves in Experimental Animals. American Journal of Phytomedicine and Clinical Therapeutics, 4(6), 174–182.

Hilma, I., (2017), Penetapan Desa Wirausaha dan Strategi Pengembangannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, 3(2), 28-36.

Joshi, A., Kalgutkar, A., & Joshi, N. (2016). Value of Floral Diversity of the Sanjay Gandhi National Park (SGNP). Ann. Plant Sci, 5(2), 1276–1279.

LPPM Universitas Mataram , 2022. https://unram.ac.id/unram-lepas-2-610-mahasiswa-kkn-tematik-periode-semester-gasal-2022-2023/

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N., 2019, Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif, Jurnal MODERAT, (5), 3, 227- 239.

Setiawan, E. (2018). Kandungan Flavonoid dan Serat Sesbania grandiflora pada Berbagai Umur Bunga dan Polong. Jurnal Hortikultura Indonesia, 9(2), 122–130.

Sri Suliatini, N.W. dkk, 2021. Usaha Peningkatan Produksi Padi Fungsional Melalui Aplikasi Teknologi Tepat Guna Di Desa Kateng Kabupaten Lombok Tengah. Abdi Insani Unram, Volume8, Nomor 2, Augustus 2021

Wuryantoro, dkk, (2022), Pengembangan Produk Olahan Singkong Dan Gula Aren Desa Mekarsari Kecamatan Gunungsari, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 310-315.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).