Pendampingan Budidaya Tanaman Pare dengan Irigasi Tetes di Lahan Kering Kawasan Mandalika

Penulis

Zuhdiyah Matienatul Iemaaniah , Lolita Endang Susilowati , Fahrudin , Siska Ita Selvia , Dori Kusuma Jaya , Misbahuddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3313

Diterbitkan:

2023-02-26

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Budidaya, Pare, Irigasi Tetes

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Iemaaniah, Z. M. ., Susilowati, L. E. ., Fahrudin, Ita Selvia, S., Jaya, D. K. ., & Misbahuddin. (2023). Pendampingan Budidaya Tanaman Pare dengan Irigasi Tetes di Lahan Kering Kawasan Mandalika. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 385–389. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3313

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan kawasan penting sebagai penyangga pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah. Kawasan ini memiliki potensi pertanian yang cukup tinggi meskipun berada diwilayah lahan kering. Potensi pertanian diwilayah ini belum dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dikarenakan belum memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memanfaatkan potensi lahan pertanian tersebut. Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam pembudidayaan tanaman hortikultura pare dengan penerapan irigasi tetes sebagai salah satu inovasi pertanian yang dapat menunjang ketersediaan air pada lahan pertanian. Pengabdian ini dilaksanakan di salah satu desa di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yaitu Desa Sukadana. Metode pelaksanaan pengabdian dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan secara langsung anggota kelompok tani Patuh Bersama di Desa Sukadana. Pelaksanaan pengabdian dilakukan selama 3 bulan dengan melibatkan beberapa mahasiswa MBKM Universitas Mataram. Kegiatan ini dimulai dari persiapan koordinasi dengan kelompok tani hingga evaluasi kegiatan pasca panen tanaman hortikultura pare.

Referensi

Bahagia, W., Kurniawaty, E., & Mustafa, S. (2018). Potensi Ekstrak Buah Pare (Momordhica charantia) Sebagai Penurun Kadar Glukosa Darah: Manfaat Di Balik Rasa Pahit.

Pitaloka, D. (2017). HORTIKULTURA: POTENSI, PENGEMBANGAN DAN TANTANGAN.

Regassa, H., & Elias, E. (2022). Dry matter production, nitrogen yield and estimation of nitrogen fixation of legumes on vertisols of the Ethiopian highlands. Heliyon, 8(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12523

Utomo, D. H. (2016). MORFOLOGI PROFIL TANAH VERTISOL DI KECAMATAN KRATON, KABUPATEN PASURUAN. JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI:Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi.

Wang, Y., Zhang, Z., Tian, Z., Lu, Y., Ren, T., & Peng, X. (2022). Determination of soil bulk density dynamic in a Vertisol during wetting and drying cycles using combined soil water content and thermal property sensors. Geoderma, 428. https://doi.org/10.1016/j.geoderma.2022.116149

Yanto, H., Tusi, A., Triyono, S., Jurusan, D., Pertanian, T., & Pertanian, F. (2014). THE APPLICATION OF DRIP IRRIGATION SYSTEM ON CAULIFLOWER (Brassica Oleracea Var. Botrytis L. Subvar. Cauliflora DC) IN AGREENHOUSE Mahasiswa Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universita Lampung 2,3). In Jurnal Teknik Pertanian LampungVol (Vol. 3, Issue 2).

Biografi Penulis

Siska Ita Selvia, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).