Peluang Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran PPKn (Penyuluhan Pada Guru PPKn SMP dan MTs di Kota Mataram)

Penulis

Yuliatin , Sawaludin Sawaludin , Mursini Jahiban

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3321

Diterbitkan:

2023-04-01

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, PPKn

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Yuliatin, Sawaludin, S., & Jahiban, M. . (2023). Peluang Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran PPKn (Penyuluhan Pada Guru PPKn SMP dan MTs di Kota Mataram). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 340–347. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3321

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

PPKn sebagai salah satu matapelajaran yang dibelajarkan pada jenjang SMP/MTs menujukkan peluang pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Peluang tersebut pada kenyataan tidak dipahami oleh semua guru PPKn SMP/MTs di Kota Mataram. Hal ini nampak dari desain dan pelaksanaan pembelajaran yang beorientasi pada penguasaan konsep seperti apa yang ada pada buku guru dan siswa yang berlaku secara nasional dan kurang memperhatikan aspek penguatan karakter dengan mengintegrasikan kearifan lokal di dalamnya. Oleh karena itu dilakukan kegiatan pengabdian dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak sasaran, yaitu guru PPKn SMP/MTs di Kota Mataram terkait peluang pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran PPKn SMP/MTs. Manfaatnya adalah meningkanya pemahaman guru PPKn tentang peluang dimaksud sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn dengan memanfaatkan berbagai potensi kearifan lokal untuk internalisasi nilai karakter. Metode yang digunakan adalah penyuluhan. Hasil pelaksnaan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru PPKn SMP/MTs di Kota Mataram yang menjadi peserta kegiatan tentang berbagai hal yang terkait dengan peluang pelaksanaan Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran PPKn, meliputi pemahaman tentang: (1) hakikat Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, (2) esensi dan orientasi pembelajaran PPKn , (3) berbagai bentuk kearifan lokal yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran PPKn serta pola pengintegrasiannya, untuk penguatan karakter.

Referensi

Asriati, N. 2013. Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di sekolah. Jurnal pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2).

Khimiyah, A. 2005. Metode Pengajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Diklitbang Muhammadiyah.

Republik Indonesia. Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU Nomor 20 Tahun 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.

Republik Indonesia. Undang-Undang Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. UU Nomor 12 Tahun 2011. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5234.

Republik Indonesia. Peraturan Presiden Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perpres Nomor 87 Tahun 2017. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.

Musanna, A. 2011. Rasionalitas dan Aktualitas Kearifan Lokal Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(5). 588-598.

Kaelan.2005. Filsafat Pancasila Sebagai Filsafat Bangsa Negara Indonesia. Makalah Pada Kursus Calon Dosen Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta

Munir Fuady. 2011. Sosiologi Hukum Kontemporer “Interaksi Hukum, Kekuasaan, dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

M. Ngalim Purwanto.2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rordakarya.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Cetakan ke 8. Bandung: Alfabeta.

Wijana, N. 2015. Pengaruh Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal Ke dalam Materi Ajar Matakuliah Ilmu Lingkungan Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahaiswa Jurusan pendidikan Biologi Fmipa Undikhsa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). 4(2).

Biografi Penulis

Sawaludin Sawaludin, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).