Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Peningkatan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Kuis Dengan Reward di SMAN 8 Mataram

Penulis

Ahmad Raksun , Aulia Maulidina , Siti Nur Isnaini Hidayati , Shofia Fatma Utami

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3380

Diterbitkan:

2023-03-08

Unduhan

Abstrak

Salah satu masalah yang sering kita temukan di sekolah khususnya pada mata pelajaran biologi adalah rendahnya minat belajar peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kuis dengan reward. Dalam pelaksanaan pendekatan pembelajaran kuis dengan reward ini, setiap peserat didik diberikan kesempatan yang sama untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pendidik, kemudian diakhir kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan soal untuk melihat perbandingan hasil belajar peserta didik yang diberikan pendekatan pembelajaran kuis dengan peserta didik yang diberikan pendekatan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kuis dengan reward  pada pembelajaran biologi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam poses  pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kata Kunci:

Kuis Dengan Reward, Minat Belajar Siswa

Referensi

Agnafia, D. N. (2019) ‘ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI’, Florea, 6(1), pp. 45–53.

Junaedi, I. (2019) ‘PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF’, JISAMAR, 3(2), pp. 19–25.

Nurmalasari, Y. and Erdiantoro, R. (2020) ‘Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier’, Quanta, 4(1), pp. 44–51. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Ratnasari, K. I. (2019) ‘Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika’, Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), pp. 100–109. doi: 10.36835/au.v1i1.166.

Sirait, E. D. (2016) ‘Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), pp. 35–43. doi: 10.30998/formatif.v6i1.750.

Tanjung, I. F. (2016) ‘GURU DAN STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI’, JURNAL TARBIYAH, 23(1), pp. 0854–2627.

Cara Mengutip

Raksun, A. ., Maulidina, A. ., Hidayati , S. N. I. ., & Utami , S. F. . (2023). Peningkatan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Kuis Dengan Reward di SMAN 8 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 272–276. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3380