Peningkatan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Kuis Dengan Reward di SMAN 8 Mataram

Penulis

Ahmad Raksun , Aulia Maulidina , Siti Nur Isnaini Hidayati , Shofia Fatma Utami

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3380

Diterbitkan:

2023-03-08

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Kuis Dengan Reward, Minat Belajar Siswa

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Raksun, A. ., Maulidina, A. ., Hidayati , S. N. I. ., & Utami , S. F. . (2023). Peningkatan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Kuis Dengan Reward di SMAN 8 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 272–276. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3380

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu masalah yang sering kita temukan di sekolah khususnya pada mata pelajaran biologi adalah rendahnya minat belajar peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kuis dengan reward. Dalam pelaksanaan pendekatan pembelajaran kuis dengan reward ini, setiap peserat didik diberikan kesempatan yang sama untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pendidik, kemudian diakhir kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan soal untuk melihat perbandingan hasil belajar peserta didik yang diberikan pendekatan pembelajaran kuis dengan peserta didik yang diberikan pendekatan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kuis dengan reward  pada pembelajaran biologi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam poses  pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Referensi

Agnafia, D. N. (2019) ‘ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI’, Florea, 6(1), pp. 45–53.

Junaedi, I. (2019) ‘PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF’, JISAMAR, 3(2), pp. 19–25.

Nurmalasari, Y. and Erdiantoro, R. (2020) ‘Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier’, Quanta, 4(1), pp. 44–51. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Ratnasari, K. I. (2019) ‘Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika’, Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), pp. 100–109. doi: 10.36835/au.v1i1.166.

Sirait, E. D. (2016) ‘Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), pp. 35–43. doi: 10.30998/formatif.v6i1.750.

Tanjung, I. F. (2016) ‘GURU DAN STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI’, JURNAL TARBIYAH, 23(1), pp. 0854–2627.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).