Pendampingan Pengurusan Perizinan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Desa Gunungsari Lombok Barat

Penulis

Sulaimiah , Ruslan Haerani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3385

Diterbitkan:

2023-04-15

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Perusahaan Roti Super rasa, pelatihan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sulaimiah, & Haerani, R. . (2023). Pendampingan Pengurusan Perizinan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Desa Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 91–94. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3385

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Perusahaan Roti Super rasa, berdomisili di Bertais, kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, sebuah UKM yang bergerak di pembuatan roti aneka rasa, melakukan produksi dan penjualan di desa setempat dan berusaha mengembangkan usaha dengan melakukan penjualan online. Perusahaan ini masi terkendala sama kemampuan karyawan dalam berproduksi belum optimal, dan di perlukan pelaatihan-pelaatihan untuk mengoptimalkan keterampilan para karyawan tersebut. Para karyawan perlu di berikan penyuluhan-penyuluhan dan kesadaran akan pentingnya produksi mereka, dan juga perlu pelatihan yang bisa di rasakan langsung mamfaatnya bagi tenaga kerja tersebut untuk bisa memotivasi mereka bekerja lebih baik lagi.

Referensi

Anonim. (1995). Undang-Undang no. 9 tentang Usaha Kecil

Assauri sofian, edisi (2018), Menejemen opersi dan peroduksi, Raja Rafindo Jakarta

Diansyah, R syahril. (2019) Penguatan UKM melalui pelatihan. Jurnal pengabdian dalam negeri

Fatimah, (2012) Pengembangan UKM melalui pelatihan, di sentra UKM Cibaduyut, jurnal ilmu admnistrasi

George R. Terry. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Bumi Aksara

Gitosudarmo, Indriyo. (2010). Manajemen Pemasaran, Yogjakarta BPFE

Siagian 2008. Menejemen Strategik ,

Sadeli, Lili M. (2016). Dasar-Dasar Akuntansi. Bumi AksaraBumi Aksara

Soemarso SR. (2014). Akuntansi Suatu Pengantar (Buku 1) (Edisi 5 Revisi). Salemba Empat

Usman ,M dan Harry S. (2008), Kita sukses Pengusaha kecil ,Intitut Bankir Indonsia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).